Mahasiswa FTP Juarai LKTIN Galactosa 2019

Daftar Mahasiswa Presensi Kehadiran Kurang dari 80 % Ganjil 2019/2020
Desember 3, 2019
Agritech Sport FTP Kunjungi FT UBAYA
Desember 4, 2019

Mahasiswa FTP Juarai LKTIN Galactosa 2019

Mahasiswa FTP kembali mengharumkan nama Universitas Brawijaya (UB) dalam kancah nasional. Melalui Lomba Karya Tulis ILmiah Nasional (LKTIN) di Universitas Jember, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian berhasil meraih juara 2 atas inovasinya. Mereka adalah Salsabila Zahidati, Daisy dan Nadia Milarosa, mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP) 2017.

Karya ini terlahir dibawah bimbingan Wenny Bekti Sunarharum, STP., M.Food,ST., Ph.D, mereka menciptakan minuman ready-to-drink (RTD) yang berbahan dasar pisang dan labu. Minuman ini dapat menjadi pilihan untuk mengganti satu porsi makan karena kandungan serat nya tinggi sehingga mengenyangkan dan kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehari-hari. Fungsi lain dari minuman ini yakni berpotensi mengurangi angka obesitas dan membantu kerja insulin karena senyawa yang terkandung dalam biji labu dapat memperbaiki sel inlet pankreas sehingga di harapkan dapat menurunkan angka penderita diabetes.

Salsabila mengungkapkan bahwa inovasi ini terlahir dari survey yang dilakukan kepada 60 mahasiswa Universitas Brawijaya yang menyatakan bahwa lebih dari 45% responden sering melewatkan makan dikarenakan kesibukan yang mereka hadapi. Salsabila dan tim juga menyoroti tingginya prevalensi penderita diabetes dan obesitas di Indonesia yang banyak di derita oleh masyarakat usia produktif. Kecenderungan masyarakat Indonesia yang gemar mengkonsumsi makanan dan minuman instant mendorong salsabila dan tim menciptakan minuman ready-to-drink (RTD) yang memiliki dampak positif bagi kesehatan. Dalam kompetisi ini, tim Universitas Brawijaya berhadapan dengan peserta dari banyak universitas ternama seperti UNDIP, UGM, UNHAS, UMS dan masih banyak lagi.

Galactosa (Agricultural Technology Competition of Indonesia) merupakan sebuah perlombaan karya tulis ilmiah tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Teknologi Pertanian Universitas Jember dan diikuti oleh banyak peserta dari banyak perguruan tinggi di Indonesia. Kompetisi ini mengangkat tema “Optimalisasi Generasi Muda dalam bentuk kreativitas dan inovasi Pertanian di Era Revolusi Industri 4.0 Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian