Mahasiswa FTP Menjadi 10 Finalis Terbaik Banyuwangi Agribusiness Start Up Competition 2019

Tingkatkan Produktivitas UKM Susu Melalui Alat Buatan Mahasiwa FTP
Juli 3, 2019
Ditangan Mahasiswa FTP, Andaliman Ampuh Perangi Hipertensi
Juli 4, 2019

Mahasiswa FTP Menjadi 10 Finalis Terbaik Banyuwangi Agribusiness Start Up Competition 2019

Mukasyafatul, Clara, Imam

Moch Mukasyafatul Asror, Clara Dwi Anggraini Imam Prasetyo berhasil menjadi 10 finalis terbaik Banyuwangi Agribusiness Start Up Competition 2019. Final kompetisi ini dilaksanakan pada Sabtu, 29 Juni 2019 di Hotel Aston Banyuwangi, Agribusiness Start-Up Competition 2019 diselenggarakan oleh Dinas Kabupaten Banyuwangi dan dirancang sebagai kompetisi start-up di bidang agribisnis sehingga diharapkan menarik minat generasi muda untuk beragribisnis atau melirik dunia pertanian sebagai bidang yang mempunyai prospek bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan sehingga mendorong tumbuhnya wirausaha muda di bidang agribisnis

Tim ini berhasil memperoleh gelar finalis berkat inovasinya yang bernama E-DringANN. E-DryingANN adalah sebuah Start Up yang menawarkan alat untuk mengeringkan rumput laut merah. Alat tersebut adalah ALMOTERCING (Application Smart Controller of Water Content for Vacuum Drying) yang merupakan Inovasi Oven Vakum pada Rumput Laut Merah (Euchema Sp.) Berbasis ANN dan IoT untuk Meningkatkan Revolusi Industri 4.0. Pengaplikasian alat vacuum drying yang diintegrasikan dengan ALMOTERCING berbasis ANN dan IoT menggunakan objek rumput laut merah. Pengering yang digunakan untuk mengeringkan rumput laut merah adalah vacuum dring yang merupakan alat pengering dengan kondisi vakum. ALMOTERCING bertindak sebagai controlling pada vacuum drying untuk menentukan kadar air pada obyek pengamatan (rumput laut merah).

Kamera pada bagian atas vacuum drying akan mengambil gambar ketika mendapat perintah dari ALMOTERCING selama proses pengeringan. Kamera yang tersambung dengan komputer server sebagai pusat pengolah gambar dan data dari proses Features Extraction dengan image analysis menggunakan Ms. Excel ANN Read Prediction. Gambar akan dianalisis dengan menggunakan 2 parameter yaitu warna (RGB) dan tekstur (energi, entropi, homogenety, dan contrast). Output atau hasil yang didapat berupa kadar air rumput laut merah kering yang diinginkan oleh konsumen. Dengan harga RP. 11.669.000- maka konsumen dapat mendapatkan teknologi alat pengering rumput laut agar menghasilkan rumput laut merah kering yang berkualitas.

.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian