Mahasiswa FTP Raih Juara dalam Greenesy 2019

Mahasiswa FTP Raih Prestasi di LKTIN Dinas Kehutanan Jawa Timur
Desember 5, 2019
Pendaftaran Beasiswa Cargill 2020
Desember 18, 2019

Mahasiswa FTP Raih Juara dalam Greenesy 2019

Mahasiswa FTP kembali menorehkan prestasi. Prestasi ini datang dari Rafiq Usdika Maulana, mahasiswa THP angkatan 2017. Rafiq meraih juara 3 dalam Lomba Esai Nasional “Greenesy” yang diselenggarakan oleh Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya (EM UB) 2019 mulai tanggal 17 Oktober-28 November 2019.

Dengan bimbingan Prof. Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP, Rafiq mengagas sebuah ide mengenai biodegradasi limbah popok dan pembalut menggunakan biobeds konsorsium bakteri. Ide ini lahir dari kekhawatiran akan limbah popok dan pembalut yang banyak dihasilkan oleh kegiatan individu (bayi, balita dan wanita). Dengan melihat grafik peningkatan angka kelahiran dan populasi wanita yang lebih banyak dibanding populasi pria, maka limbah popok dan pembalut akan terus meningkat. Rafiq menyatakan bahawa belum banyak penelitian yang fokus untuk menangani limbah popok dan pembalut. Limbah popok dan pembalut yang menumpuk dan dibakar akan menimbulkan senyawa berbahaya yaitu dioksin. Selain itu, popok dan pembalut yang terbuat dari bahan kapas dan plastik sulit diurai oleh alam. Sisa darah yang terdapat pada pembalut berpotensi menjadi sarang tumbuh bakteri patogen. Saat ini, pengelolaan limbah popok dan pembalut digunakan sebagai media tanam, namun hal ini dikhawatirkan akan mentrasfer senyawa berbahaya kepada tanaman, sehingga pemanfaatan biobeds konsorsium bakteri dinilai lebih baik.

Greenesy adalah lomba esai nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup EM UB 2019. Tahun ini, Greenesy mengangkat tema “Kontribusi Milenial dalam Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2025”. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian