Mahasiswa FTP Raih Juara pada Kompetisi Bisnis di Universitas Padjajaran

Inovasi Teknologi Pengering Kabinet Rumah Kaca bagi UKM Keripik Kentang Kotatif Batu
November 30, 2019
Tata Tertib Ujian Akhir Semester Ganjil 2019/2020
Desember 2, 2019

Mahasiswa FTP Raih Juara pada Kompetisi Bisnis di Universitas Padjajaran

Mahasiswa FTP kembali membawa harum nama Universitas Brawijaya. Tiga mahasiswa FTP meraih juara 3 dalam National Business Plan Competition “Fooderation” di Universitas Padjajaran. Mahasiswa tersebut adalah Anisya Salsyabila , Reni Zulismar dan Helmi Maulana Ardianysah dari Teknologi Industri Pertanian (TIP) 2017.

National Business Plan Competition “Fooderation” adalah kompetisi nasional di bidang bisnis yang diselenggarakan pada 21 November 2019 oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pangan Universitas Padjajaran dan diikuti oleh banyak peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Inovasi Produk Pangan Berbasis Kopi, Teh dan Kakao dalam Mengembangkan Sektor Industri Kreatif di Indonesia. Kompetisi ini mempertemukan banyak peserta dari berbagai perguruan tinggi seperti UMY, Telkom University, UNPAD, UNDIP, USU dan UAD.

Dalam kompetisi ini, mereka menciptakan inovasi berupa Kopi Probiotik. Kopi ini dibuat menggunakan kopi arabika yang berasal dari area perkebunan kopi di lereng gunung kawi yang dicampur dengan skim santan. Skim santan diperoleh dari hasil pengolahan side product dari produksi Virgin Coconut Oil (VCO) dan difermentasi dengan Lactobacillus casei. Hasil fermentasi didapatkan produk berupa asam laktat yang bermanfaat bagi pencernaan.

Reni mengunkapkan bahwa ide ini lahir karena faktanya minuman kopi saat ini sedang menjadi trend, ditandai dengan menjamurnya kedai-kedai kopi di Indonesia. Namun, konsumsi kopi saat ini hanya berfokus pada cita rasa. Oleh karenanya mereka ingin membuat kopi yang enak dan juga baik untuk pencernaan. Ide menambahkan skim santan didapatkan dari studi literatur berbagai jurnal dan sumber ilmiah dan didapatkan hasil bahwa skim santan yang kaya akan karbohidrat belum dimanfaatkan secara optimal. Skim santan tersebut kemudian dijadikan media untuk tumbuh kembang bakteri Lactobacillus casei. Dalam pengerjaannya, Reni dan tim melakukan diskusi mendalam dengan Dr.Ir. Nur Hidayat, MP selaku dosen mikrobiologi industri TIP UB.

Karya ini tidak hanya fokus untuk membuat minuman kopi yang enak dan menyehatkan. Namun lebih jauh lagi, karya ini menjadi salah satu cara untuk memamnfaatkan limbah skim santan yang berpotensi mencemari lingkungan dan meningkatkan nilai jual kopi arabika gunung kawi sehingga kesejahteraan petani kopi gunung kawi pun meningkat. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian