Mahasiswa FTP Sulap Limbah Botol Plastik jadi Tirai Pengusir Nyamuk

FLURAL, Sarana Penetralisasi Zat Pencemar Udara dalam Ruang Pabrik
Mei 28, 2015
YUDHISTIRA 39, Pengemas Pintar dan Aktif Karya Mahasiswa UB
Mei 29, 2015

Mahasiswa FTP Sulap Limbah Botol Plastik jadi Tirai Pengusir Nyamuk

20150522_101215Dewasa ini sering kita jumpai banyak terjadi kasus DBD di masyarakat. Hal tersebut dikarenakan oleh berbagai macam hal seperti kondisi tempat tinggal yang lembab, lingkungan kurang bersih dan lain-lain. Oleh karena itu lima Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian  Universitas Brawijaya terdiri dari Syaifa Nuraini (TIP 2013), Musyaroh (TIP 2013), Ali Wafa (THP 2012), Novita Sari (TIP 2011) dan Juli Barisetiawan (THP 2011) diawah bimbingan Dr. Siti Asmaul Mustaniroh, STP, MP membuat dan memasarkan tirai pengusir nyamuk dengan memanfaatkan limbah botol plastik.

Ide pembuatan tirai pengusir nyamuk tersebut diawali dari keprihatinan terhadap banyaknya limbah botol plastik yang ada sekitar dan jumlahnya semakin meningkat dari hari ke hari. Selama ini botol-botol plastik tersebut kurang termanfaatkan secara maksimal (hanya di daur ulang dan menjadi limbah botol plastik lagi bahkan dibuang begitu saja). Disisi lain, semakin banyaknya limbah botol plastic juga berdampak pada lingkungan yang semakin kotor dan menjadi sarang tempat tinggal nyamuk. Apalagi saat musim hujan tiba. Sehingga di masyarakat banyak terjadi kasus demam berdara (DBD). Demam berdarah tersebut adalah akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Permasalahan ini menjadi perhatian kelima mahasiswa untuk menciptakan tirai dari limbah botol plastik yang dapat mengusir nyamuk yaitu TITIK KOMA (Tirai Motif Batik Anti Nyamuk Aromaterapi).

titik koma teamTirai TITIK KOMA ini memiliki keunggulan yaitu memiliki aromaterapi yang dapat mengusir nyamuk demam berdarah.  Aromaterapi tirai TITIK KOMA juga dapat digunakan sebagai pngharum ruangan yang dapat bertahan lebih dari 1 bulan . Selain itu tirai TITIK KOMA juga dilengkapi dengan ornament batik khas Indonesia sehingga selain sebagai  tirai fungsional tirai ini juga memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

Saat ini TITIK KOMA dipasarkan dengan  dengan harga lima puluh dua ribu rupiah saja,  setara dengan tirai di pasaran pada umumnya yang tidak dapat mengusir nyamuk. Bentuk dan motif TITIK KOMA juga dapat dipesan sesuai keinginan konsumen.  Tertarik dengan tirai pengusir nyamuk TITIK KOMA? Hubungi Syaifa (08983166434). (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian