Mahasiswa FTP UB Eksplorasi Mikroalgae Laut sebagai Inovasi Pangan Sehat

Himalogista Peringati Hari Susu Nasional 2016
Juni 1, 2016
“ACTION” REAKTOR PINTAR UNTUK PRETREATMENT BIOETANOL
Juni 2, 2016

Mahasiswa FTP UB Eksplorasi Mikroalgae Laut sebagai Inovasi Pangan Sehat

2016_05_25_24Nanno Healty Powder, itulah sebutan untuk hasil produk temuan penelitian empat mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Produk ini merupakan sebuah produk bubuk yang berasal dari  mikroalga Nannochloropsis sp yang tinggi protein. Nannochloropsis sp merupakan mikroalga yang mengandung nutrisi seperti protein (52,11%), karbohidrat (16%), lemak (27,64%), dan klorofil (0,89%).

Ahfad Ulhidayati, Dininurilmi Putri, Galuh Aulia dan Olivia Dirga melakukan inovasi proses produksi untuk meningkatkan nutrisi produk, melalui prinsip biologis pemanfaatan nutrisi oleh mikroalga selama masa pertumbuhan. Mikroalga Nannochloropsis sp diberi penambahan berupaa hasil samping proses produksi tahu sebagai sumber nutrisi pertumbuhan. Melimpahnya hasil samping proses produksi tahu yang tidak termanfaatkan padahal masih terdapatnya kandungan nutrisi menjadi salah satu latar belakang penelitian keempat mahasiswa ini.

Selain itu, menurut mahasiswa yang dibimbing oleh Agustin Krisna Wardani STP, M.si, P.hD saat ini, kebutuhan bahan pangan di Indonesia semakin meningkat diiringi dengan peningkatan jumlah penduduk. Kebutuhan bahan pangan yang bernutrisi tinggi sangat dibutuhkan untuk mempertahankan ketahanan pangan di Indonesia.

Biomassa kering mikroalga Nannochloropsis sp dapat menjadi sumber bahan pangan yang dapat ditambahkan ke dalam pangan atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Dimana Nannochloropis sp mampu meningkatkan nilai gizi dalam suatu pangan. Hal ini didukung oleh pentingnya kebutuhan pangan masyarakat khususnya protein yang penting bagi tubuh, serta bahan pembentuk enzim dan hormon dalam tubuh. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian