Mahasiswa FTP UB Juarai Ajang Kompetisi di Malaysia dan Singapura

Press Release : Kajian Internal Peduli Pangan HIMALOGISTA FTP bertema Food Waste
April 14, 2019
Fakultas Teknologi Pertanian Berhasil Menorehkan Prestasi pada Ajang Mawapres
April 15, 2019

Mahasiswa FTP UB Juarai Ajang Kompetisi di Malaysia dan Singapura

Annisa Aurora Kartika (sebelah kiri) dan Ulfatu Mahmuda (sebelah kanan) meraih Bronze Medal dalam International Student Affairs Invention, Innovation and Design Competition yang di selenggarakan oleh Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia

Usung supplement carotenoid berbahan Spirulinna sp., dua mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) berhasil harumkan Indonesia atas torehan prestasinya sebagai meraih medali dalam ajang International Student Affairs Invention, Innovation and Design Competition (I-SAIID). (I-SAIID) 2019 merupakan kompetisi ilmiah yang diselenggarakan oleh UiTM (Universiti Teknologi Mara) Malaysia, berlangsung di Gedung Dewan Perdana UiTM, Malaysia 26-27 Maret 2019 kemarin.

Kompetisi ini di ikuti lebih dari 180 tim dari berbagai jenjang instansi pendidikan di kancah Internasional. Dengan tema “Surging Ahead Through Creativity,” I-SAIID terdiri dari kompetisi penemuan, inovasi dan desain. Tujuan utama adalah untuk mempertemukan, memamerkan, dan mempromosikan penemuan/ produk baru mereka yang akan membawa manfaat bagi kesejahteraan dan pengembangan teknologi. I-SAIID 2019 diorganisasi oleh Divisi Kemahasiswaan UiTM Kedah. Keberhasilan ini menjadi salah satu peluang luar biasa untuk meningkatkan dan mengembangkan minat riset pada mahasiswa sekaligus mengasah berpikir peka dan kritis atas penyelesaian permasalahan sosial lingkungan sekitar.
Pada kompetisi tersebut, kedua mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian FTP UB dibawah bimbingan Angky Wahyu Putranto. STP., M. Si sukses mendapatkan medali bronze pada kategori Inovasi Internasional.Kedua mahasiswa FTP UB yang sukses mengharumkan nama bangsa ini terdiri dari Annisa Aurora Kartika dan Ulfatu Mahmuda dan keduanya dari jurusan TeknoloGI Hasil Pertanian.

Selain itu, mahasiswa Fakultas teknologi Pertanian ini juga berhasil masuk pada shortlist 15 besar pada ajang Young Social Entrepreneur yang diadakan oleh Singapore International Foundation. Mahasiswa tersebut yaitu Annisa Aurora (Teknologi Hasil Pertanian 2015), Ulfatu Mahmuda (Teknologi Hasil Pertanian 2016), dan Bagas Rohmatulloh (Keteknikan Pertanian 2017). Mereka masuk dalam shortlist setelah melalui workshop dan pitching selama 4 hari yang berlangsung dari 20 hingga 23 Maret di SCAPE, Singapura.

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian yakni Bagas Rohmatulloh (TEP 2017), Ulfatu Mahmuda (THP 2016) dan Annisa Aurora Kartika (THP 2015) berhasil masuk pada shortlist 15 besar pada ajang Young Social Enterpreneur yang diadakan oleh Singapura International Foundation.

Sejak 2010, program YSE telah membina pemuda dengan ide-ide bisnis inovatif yang berfokus pada kebermanfaatan sosial. Bersama dengan wirausahawan sosial, konsultan bisnis, dan investor yang mapan, kami memanfaatkan kekuatan gagasan, keterampilan, dan sumber daya untuk menghasilkan perubahan positif bagi dunia yang lebih baik. 15 team dari Bangladesh, Kamboja, India, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Singapura, dan Thailand masuk dalam program tujuh bulan Young Social Entrepreneur (YSE) 2019. Selama beberapa bulan ke depan, mereka akan mendapatkan bimbingan dari profesional bisnis terkemuka dan pengusaha berpengalaman dan kunjungan studi ke Cina. Mereka akan berkumpul kembali pada bulan Oktober untuk merebutkan Grants hingga hingga SGD 20.000. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian