Mahasiswa ITP Gelar Festival Makanan Never Ending Asia

Ada ‘Noni Belanda” di FTP
Desember 20, 2013
Pameran Rancang Bangun Alat TEP
Desember 24, 2013

Mahasiswa ITP Gelar Festival Makanan Never Ending Asia

contoh tulisanFestival Makanan bertajuk “NEVER ENDING ASIA” digelar Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), minat studi Nutrisi Pangan, kelas A angkatan 2010, di Aula FTP. Berbagai menu makanan khas Asia memanjakan lidah pengunjung.

Ketua Pelaksana, Okkie Dhyantari (ITP 2010), mengatakan, menu tersaji sengaja dipilih bukan menu populer Asia. .Seperti Mandau, sejenis  dimsum  berbahan daging sapi, ayam dan tahu sutera dari Korea.  Kemudian Yam Mamuang atau salad Thailand, dimana kesegaran selada dan mangga muda berpadu dengan pedasnya cabai merah dan gurihnya taburan kacang.

Adapula Prata with Curry, hidangan khas India kaya rempah. Juga Sweet Jalebi, sejenis roti goreng berbentuk lingkaran perut ayam dan Lassi, juice segar paduan melon dan yoghurt. Dessert  yang menggoda untuk dicoba adalah Xingren Doufu, puding tofu dan susu kedelai bersaus almont dari China. Atau Che Chuoi, sejenis kolak Vietnam berbahan pisang dan mangga. Sedangkan dari Korea ada Subak Hwachae, cocktail ringan paduan semangka, pir dan madu.

“Karena kami ingin mengenalkan cita rasa unik kuliner masing masing negara Asia,” ujarnya disela acara, Senin (23/12).

Nuansa Asia begitu kental terasa Maskot berpenampilan ala Jepang dan Korea, dan pramusaji bergaya China, dekorasi dan lantunan lagu lagu Korea. Tersedia booth photo bagi pengunjung ingin berpose berbusana HandBook ala Korea ataupun berbalut Kimono Jepang. Cukup membayar Rp. 10.000,- maka pengunjung dapat 1 keping CD berisi 3 pose yang dipotret fotografer profesional.

Animo masyarakat cukup tinggi.  Nampak tidak hanya dari civitas FTP saja, namun juga dosen Ilmu Gizi dari Fakultas Kedokteran UB, mahasiswa fakultas Teknik UB serta mahasiswa Universitas Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang. Sekitar 100 kupon yang disediakan panitia dengan harga Rp.20.000,- (mahasiswa) dan Rp.25.000,- (umum) ini ludes terjual sejak beberapa hari sebelumnya.

Kegiatan sarat kreativitas mahasiswa ini merupakan tugas pengganti ujian akhir semester mata kuliah Sistem Manajemen Pelayanan Pangan. Dosen pengampu mata kuliah, Jaya Mahar Maligan, STP. MP., menjelaskan beberapa kriteria penilaian yaitu rasa, tekstur, komposisi bahan tiap menu, porsi, penyajian, variasi, dekorasi, kesesuaian menu dengan tema, keramahan pelayanan serta kesesuaian dengan harga. (dse editing by elr)

IMG_6240IMG_6263 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian