Mahasiswa TEP Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran di Semarang

CARE HIMATETA Tanam 100 BIOPORI di PLTU Pacitan
November 24, 2015
FTP Berjaya di OSN Project Sains Pertamina Level ASEAN
November 26, 2015

Mahasiswa TEP Juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Alquran di Semarang

20151122_123228Andi Setiawan (TEP 2012) dan Ana Amanah (TEP 2013), keduanya mahasiswa jurusan Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya baru saja memenangi lomba karya tulis ilmiah bertema Alquran yang dihelat di Universitas Diponegoro Semarang, Jumat – Minggu (20-22/11/2015).

Dipaparkan Andi, tema mereka dalam LKTI kali ini adalah kajian tentang kisah tenggelamnya Firaun pada masa peperangan nabi Musa. “Sebagaimana kita ketahui bahwa pada saat mengejar nabi Musa, tentara Firaun ditenggelamkan Allah di laut merah. Lautan yang awalnya terbelah untuk memberi jalan nabi Musa tetapi kemudian langsung begitu beliau berlalu sehingga tentara Firaun yang sedang berada ditengah langsung tertelan dan tenggelam ke dasar lautan. Pada saat laut menutup itulah kondisi tekanan air sangat tinggi. Tekanan tinggi itulah yang dapat kita pelajari untuk proses pengawetan bahan pangan,” jelas Andi.

“Kandungan garam yang tinggi pada air laut juga memunculkan ide kita untuk menambahkan iodium pada alat pengawet inovasi kita. Diharapkan tidak hanya mampu mengawetkan bahan pangan, tetapi alat ini mampu menginaktivasi bakteri dan sebagai solusi mengatasi gangguan kesehatan akibat kekurangan iodium.” tambahnya lagi.

Pada lomba gelaran GAMAIS FKM UNDIP dalam rangkaian acara GAMAIS ISLAMIC FAIR 2015 ini Andi dan Ana berhasil meraih juara kedua dengan membawa pulang trophy, sertifikat uang tunai dan merchandise cantik. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian