Mahasiswa THP Juara I LKTI Kemenpora

TABLIGH AKBAR FORKITA :DARI PEMUDA UNTUK AGAMA, DARI PEMUDA UNTUK BANGSA
November 27, 2013
Mahasiswa Yudisium 29 November 2013
Desember 2, 2013

Mahasiswa THP Juara I LKTI Kemenpora

prestasi colourBerangkat dari pemikiran ingin menambah jumlah wirausahawan menuju Indonesia mandiri, sekaligus mengenalkan budaya bangsa melalui inovasi keragaman produk pangan lokal telah sukses mengantarkan Oty Kiki Mandasari bersama Hamidatun,  mahasiswi JurusanTeknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (FTP)  mendulang prestasi sebagai Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Pemuda 2013 yang diadakan Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesi pada PekanKreativitas, Seni, Budaya dan Industri Kreatif di Jakarta, 18-19 November kemarin.

Melalui inovasi produk mereka yang berjudul “PITIK (Pia Batik) sebagai Jajanan Fungsional Khas Indonesia dalam Mengembangkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Menuju Indonesia Mandiri.” yang  menonjolkan budaya Indonesia dan meningkatkan daya jual produk tersebut mampu meyakinkan dewan juri untuk mendaulat mereka sebagai pemenang diantara 21 kandidat seantero Indonesia.

Ditangan Oty dan Hamidatun,  Pia, jajanan tradisional khas Indonesia  itu menjadi makin variatif dan menarik tampilannya. Lantaran,  isiannya telah dikombinasikan dengan komoditas unggulan hasil pertanian lokal Jawa Timur seperti ubi ungu, rosela dan pandan. Sehingga, bila terus dikembangkan, produk ini juga akan membuka peluang kerjasama dengan para petani selaku supplier bahan baku produk. Sehingga selain mengangkat batik, karya ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani di kawasan Jawa Timur.

“Tentu saja hal tersebut dapat membuka peluang wirasusaha di bidang agroindustri yang menambah nilai lebih produk PITIK ini, ” tutur Oty.

Selain tampilannya yang cantik, kandungan nutrisi PITIK ini pun cukup tinggi sehingga dapat disebut pangan fungsional. Ubi ungu misalnya, merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi, juga  mengandung Lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata sebanyak 20%. Selain itu, ubi merupakan sumber vitamin dan mineral, antara  lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral yang terkandung diantaranya adalah zatbesi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Sementara Rosella, selain kaya serat juga memiliki efek untuk menurunkan kadar asam urat serta memperbaiki system metabolisme tubuh. Sedangkan Pandan, selain mampu memperkuat aroma dan memberi warna juga berkhasiat sebagai anti rematik dan pegal linu serta penurun darah tinggi. Dengan inovasi dan tambahan bahan pangan tersebut mampu membuat pia PITIK  tidak hanya lezat dikonsumsi tetapi juga fungsional sehingga mampu meingkatkan nilai jual. (dse/elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian