Ide Kreatif, Mahasiswa THP Juarai ASEAN Entrepreneur Youth Leader

TEP Rancang Kurikulum KKNI
Februari 7, 2014
REVISI JADWAL REMIDI SEMESTER GANJIL 2013/2014
Februari 10, 2014

Ide Kreatif, Mahasiswa THP Juarai ASEAN Entrepreneur Youth Leader

Z43Berkat orisinalitas ide dan kecermatan membaca peluang, mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP UB) berhasil menjuarai ASEAN Entrepreneur Youth Leader Exchange 2014 di National University, Singapura, 24-29 Januari kemarin.

Mengusung ide “Build Innovative Communicate (BIC) with Smartphone Projector” suatu konsep rancangan smartphone dilengkapi proyektor, menjadikan Asusti Ara (THP 2011) berhasil menorehkan prestasi sebagai juara pertama. BIC akan memudahkan pengguna untuk menggunakan gadgetnya untuk berbagai keperluan.

Berdasarkan survey, lebih dari 94% responden menyatakan saat ini gadget yang merupakan kebutuhan vital. Gadget yang dilengkapai berbagai macam fitur lebih banyak disukai.

“Namun, saya belum pernah melihat yang dilengkapi fitur proyektor. Sehingga memudahkan mahasiwa atau pebisnis untuk presentasi tanpa harus banyak membawa peralatan. Berangkat dari pemikiran itulah hingga timbullah ide BIC ini dan ternyata dianggap sebagi ide inovatif oleh juri,” ujanya.

Dipaparkan Asusti, sejatinya BIC merupakan fitur next-generation yang berfungsi membantu pemilik berkomunikasi lewat layar proyektor yang terhubung langsung dengan smartphone. Berbagai aplikasi seperti social network, teleconferrence, video chat hingga presentation akan terasa lebih nyaman.

“Tinggal klik, maka akan tampil display pada screen di dinding biasa atau bidang datar apa saja. BIC didesain untuk kenyamanan pengguna misalnya bisa video call dengan layar yang besar sehingga lebih nyaman dimata,” pungkasnya.

Sementara itu, Muhammad Muizuddin (THP 2010) berhasil meraih juara ketiga mengangkat konsep Menu Tab . Menu Tab merupakan sebuah aplikasi informasi detail menu makanan di sebuah restoran. “Dengan aplikasi menu tab, pengunjung bisa order tanpa bangun dari kursi, atau menunggu dilayani. Sehingga pelayanan pihak resto jadi lebih efisien” ungkapnya.

Selain memboyong juara 1 dan 3, Asusti dan Muizuddin bersama Anantya Yodha Maya Sopha (THP 2010) juga berhasil meraih predikat Best Costume. Lantaran memakai busana tradisional adat Bali pada even tersebut.

ASEAN Entrepreneur Youth Leader Exchange, merupakan ajang tahunan ASEAN YOUTH LEADER EXCHANGE (AYLE), suatu komunitas mahasiswa entrepreneur se-ASEAN. Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan Philipina. [dse/elr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian