Mahasiswa THP Raih Emas di International Young Inventors Award 2016

Tak Hanya Mahasiswa, Laboran dan Dosen FTP Unjuk Prestasi pada DIKTENDIK Berprestasi UB 2016
September 5, 2016
Kuliah Tamu Waste Management
September 20, 2016

Mahasiswa THP Raih Emas di International Young Inventors Award 2016

WhatsApp Image 2016-09-08 at 19.45.48Kembali mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian mengharumkan nama almamater. Dalam ajang International Young Inventors Award (IYIA) 2016, Ni Putu Sri Dian Permana Dewi, mahasiswi Teknologi Hasil Pertanian 2015 berhasil meraih emas sebagai yang terbaik berkat inovasinya pada proses pembuatan minyak kelapa murni.

WhatsApp Image 2016-09-08 at 19.53.10EGATOR (Etilen Gas as Separator Agent) merupakan inovasi Ni Putu Sri Dian bersama Ni Luh Gede Intan Pradinasari (FMIPA/Statistika)  dan Putri Devita Kusumadamayanti (FMIPA/Fisika) yang berhasil menyisihkan 170 tim lain dari Indonesia, Yordania, Malaysia, Thailand, Srilanka, India,  Korea Selatan, Mesir dan Rusia.

Jika umumnya pembuatan minyak kelapa menggunakan teknik fermentasi atau penambahan mikroba, maka EGATOR menggunakan etilen jerami nangka. Ni Putu menjelaskan bahwa pemanfaatan jerami nangka selama ini belum maksimal padahal etilennya terhitung mengandung nutrisi tinggi. Itulah yang melatari Ni Putu dan kawan kawan melakukan penelitian EGATOR ini. Keuntungan memproduksi minyak kelapa murni dengan EGATOR adalah waktu produksi yang lebih cepat hingga mampu menjaga kandungan gizi minyak kelapa dan menekan biaya produksi. “Proses produksi minyak kelapa secara konvensional biasanya dengan penambahan mikroba atau metode fermentasi yang membutuhkan waktu sekitar 24 jam atau lebih. Waktu produksi yang lama akan mengakibatkan berkurangnya kandungan minyak kelapa dan tidak ekonomis. Namun dengan menambahkan etilen jerami nangka metode EGATOR, akan mempercepat proses produksi hingga kurang dari 12 jam. Berkat kecepatan proses produksi tentunya lebih ekonomis selain kandungan minyak kelapa yang dihasilkan lebih terjaga,” jelasnya. Etilen sendiri merupakan hormon pertumbuhan hasil metabolisme tanaman. Sementara berdasarkan penelitian, diketahui bahwa jerami nangka kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, sukrosa, pati, serat dan pektin.

Dikutip dari situs resminya, International Young Inventors Award (IYIA) 2016 merupakan kompetisi ilmiah bagi remaja dalam melakukan inovasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, memberikan apresiasi dan menggali potensi remaja di bidang inovasi teknologi. Lomba tingkat nasional ini merupakan ajang untuk menjaring inventor remaja ke kompetisi tingkat regional maupun internasional. Tahun ini IYIA 2016 dilaksanakan di Surabaya Convention Hall, Selasa – Kamis (06 – 08/09/2016). Kegiatan ini diselenggarakan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) bekerja sama dengan International Federation of Inventors’ Association (IFIA) dan World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian