Mahasiswa TIP Raih Juara Terinovatif LKTI PIMPI 2014

Himalogista Great Event 2014
November 17, 2014
PENGUMUMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM (SAP) GENAP 2014/2015
November 18, 2014

Mahasiswa TIP Raih Juara Terinovatif LKTI PIMPI 2014

nada-menangSatu lagi prestasi membanggakan diraih oleh ketiga mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (TIP) angkatan 2013 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB). Kali ini Nada Mawarda Rilek, Ameiga Cautsarina Putri Atrinto dan Luristya Nur Mahfut berhasil meraih Juara Terinovatif pada Lomba Karya Tulis Ilmiah  tingkat Nasional pada Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) 2014 yang diselenggarakan oleh Forum for Scientitif Studies Institut Pertanian Bogor, di Bogor Jawa Barat Sabtu (08/11/2014) lalu.

Dibawah bimbingan Yusron Sugiarto, STP. M.Sc. dan Ika Atsari Dewi, STP.MP., tim ini berhasil memukau dewan juri yang terdiri dari atas Rudianto dari IPB dan Cahyono selaku Praktisi Teknologi Pertanian atas karya ilmiah mereka yang berjudul “BIONELS-001- Bioetanol Pelepah Sawit (elais enguneensis), Upaya Mengeksplorasi Energi Terbarukan Berbasis Limbah Pertanian Perkebunan Sawit.” Suatu karya ilmiah yang memaparkan tentang potensi pemanfaatan pelepah sawit sebagai energi terbarukan berupa bioetanol. Karya ilmiah ini termasuk dalam tema ketiga yakni “Teknologi dan Enegi Terbarukan Untuk Pertanian Indonesia”. Selain meraih prestasi sebagai juara terinovatif, prototype karya tersebut juga dipamerkan dalam Gelar Karya Pertanian Indonesia di gedung Andi Hakim Nasution, IPB.

Dipaparkan Nada Mawarda, tim ini sengaja memilih limbah sawit sebagai obyek penelitian karena makin menipisnya energi fosil, selain itu energi terbarukan berbahan pati (seperti singkong dan sebagainya) akan menyebabkan timbulnya kontradiksi pangan. Untuk itu digunakan pelepah sawit yang merupakan limbah pertanian perkebunan sawit dengan potensi 10 juta ton per tahun.  Selain mencegah kontradiksi pangan, pemanfaatnnya limbah pelepah sawit ini masih sekitar 20% sehingga dapat menjadi alternatif bahan baku bioetanol. Penelitian ini dilakukan dengan analisa deskriptif dan penelitian pendahuluan , kedepan diharapkan dapat dilakukan penelitian secara keseluruhan. “Sebelumnya kami juga pernah membawa tema pemanfaatan limbah sawit sebagai energi terbarukan pada LKTI Nasional yang diadakan FMIPA UI di Jakarta Agustus 2014 lalu. Pada saat itu kami berhasil lolos menjadi juara kedua. Jadi ini merupakan bukti bahwa ini merupakan teknologi tepat guna bagi masyarakat luas. Harapannya kedepan penelitian ini dapat dituntaskan hingga menjadi produk bioetnaol dan dapat diaplikasikan pada masyarakat. Besar harapan kami juga untukmendapat dukungan dari pihak-pihak terkait dalam pelaksanaannya, “jelasnya.

Pada event tahunan IPB ini Nada Mawarda dan kawan kawan berhasil menyisihkan lima belas finalis lain dari berbagai universitas di Indonesia dan berhak meraih trophy,  sertifikat, serta uang tunai sebesar empat juta rupiah. Terdapat tiga tema dalam event ini yaitu, inovasi pangan pertanian Indonesia, kebijakan dan sistem pertanian Indonesia serta teknologi dan enegi terbarukan untuk pertanian Indonesia. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian