MAN 2 Tulungagung Kunjungi FTP

Pengumuman SAP 2015
Januari 26, 2015
Pisah Sambut Dekan FTP
Februari 2, 2015

MAN 2 Tulungagung Kunjungi FTP

Puluhan siswa kelas unggulan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) II Tulungagung berkunjung ke Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB), Rabu (28/01/2015). Rombongan sejumlah 68 siswa dengan didampingi tujuh guru pendamping diterima Pembantu Dekan II FTP Bidang Keuangan dan Administrasi Umum, Dr.Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc. dengan didampingi Kepala Tata Usaha FTP, Drs. Fatchur Rahman, MAB. dan Ketua Perencanaan Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK) FTP, Mas’ud Effendi, STP. MP. di Aula FTP lantai 2 mulai pukul 13.00 WIB.

man-tulungagungDalam sambutannya, Nur Hidayah, S.Pd selaku ketua rombongan sekaligus ketua program unggulan MAN II Tulungagung menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat pihak FTP. “Terima kasih atas sambutan hangat FTP dan mohon maaf kedatangan kami sedikit terlambat. Semoga kunjungan ini dapat membuka wawasan kami tentang Universitas Brawijaya dan terutama mengenai Fakultas Teknologi Pertanian, ” jelasnya.

man-tulungagung_5Sementara itu PD II FTP Dr.Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc. menjelaskan tentang profil FTP, informasi jalur masuk, biaya kuliah dan beasiswa yang tersedia. “Terdapat tiga jurusan di FTP. Pertama Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) yang memiliki Program Studi S-1 Ilmu dan Teknologi Pangan dengan Minat Studi Ilmu dan Teknologi Pangan dan Minat Studi Nutrisi Pangan. THP juga memiliki Program Studi S-1 Bioteknologi Industri serta Program Studi S-2 Teknologi Hasil Pertanian. Selain itu di FTP juga ada Jurusan Keteknikan Pertanian (TEP) yang memiliki Program Studi S-1 Keteknikan Pertanian dengan Minat Studi S-1 Teknik Bioproses serta Minat Studi S-1 Keteknikan Pertanian. Ada pula Program Studi S-1 Teknik Lingkungan yang merupakan pengembangan dari Minat Studi S-1 Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Jurusan TEP ini juga memiliki Program Studi S-2 Keteknikan Pertanian.  Kemudian ada pula Jurusan Teknologi Industri Pertanian yang memiliki Program Studi S-1 Teknologi Industri Pertanian (TIP) dengan Minat Studi Teknologi Industri Pertanian, Minat Studi Bisnis Pangan serta Minat Studi Agroindustri Perkebunan dan Kehutanan. Pada jurusan TIP ini terdapat Program Studi S-2 Teknologi Industri Pertanian dan Program Studi S3 Teknologi Industri Pertanian. Kesemua jurusan di FTP sudah terakreditasi A-BAN PT. Untuk jurusan THP bahkan sudah berakreditasi internasional dari IFT yang berpusat di Amerika Serikat. Sementara kedua jurusan lainnya saat ini sedang dalam proses akreditasi internasional AUN-QA. Di UB, terdapat beberapa jalur masuk diantaranya melalui SNMPTN berdasarkan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau seleksi nasional berdasarkan hasil tes tertulis/ujian keterampilan, SPMK yang merupakan jalur mandiri berupa seleksi penerimaan mahasiswa baru UB melalui ujian tulis yang dilakukan khusus oleh Universitas Brawijaya. Selain itu ada pula Seleksi Alih Program (SAP) atau seleksi penerimaan mahasiswa baru dari Program Diploma 3 (D-3) / Politeknik atau yang sederajat ke Program   S-1 melalui ujian tulis yang dilakukan secara khusus oleh Universitas Brawijaya. Selengkapnya dapat dilihat di situs selma UB. Di UB menganut sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai pendapatan orang tua. Jangan khawatir tentang biaya karena tersedia puluhan beasiswa dari pemerintah, instansi swasta, perusahaan maupun dari UB sendiri, ” jelasnya.

Setelah pemberian materi dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan saling bertukar cendera mata. Kunjungan MAN II Tulungagung ini ditutup dengan field trip ke Laboratorium Pengolahan dan Rekayasa Proses Pangan dan Hasil Pertanian, Lab Kimia dan Biokimia Pangan Hasil Pertanian, Laboratorium Mikrobiologi Pangan Dan Hasil Pertanian serta Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian. [dse]

[metaslider id=7706]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian