Miliki Mahasiswa Terbanyak di Indonesia, FTP Fokus Internalisasi

Sertijab Kajur dan Sekjur Keteknikan Pertanian
Februari 1, 2013
UNS Himalogista Sharring Kelembagaan
Februari 21, 2013

Miliki Mahasiswa Terbanyak di Indonesia, FTP Fokus Internalisasi

Student body Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) tahun ajaran 2012/2013 mencapai angka 2967 mahasiswa sehingga FTP  memegang rekor memiliki jumlah mahasiswa terbanyak untuk pengelola pendidikan bidang keteknologian pertanian di seluruh Indonesia. Demikian disampaikan Dekan FTP, Dr.Ir. Bambang Susilo, M. Agr. Sc pada pertemuan Kerukunan Orangtua Mahasiswa (KOM), Sabtu (9/2/2013) di Hall Gedung Baru FTP.

“Meski FTP UB tergolong paling muda berdiri yakni tahun 1998 dibandingkan FTP IPB dan FTP UGM yang sudah lebih senior berdiri sejak tahun 1963, namun pada kenyataannya jumlah minat memenempuh studi di FTP UB setiap tahunnya mengalami peningkatan signifikan. Diprediksikan hingga tahun 2022 mencapai angka 3.853 ,” ujarnya didepan ratusan orangtua mahasiswa  angkatan 2012/2013.

Menurut data statistik yang ada, jumlah mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajahmada tahun 2012 sebanyak 1300. Sedangkan di Institut Pertanian Bogor, jumlah mahasiswa di fakultas yang sama  mencapai 1720 mahasiswa. Sehingga tak berlebihan jika hal tersebut merupakan satu capaian prestasi yang patut disyukuri. Sekaligus menjadi tantangan yang perlu disikapi secara serius dalam mengelola layanan jasa pendidikan dan menciptakan lulusan yang berkompetensi.

Berbagai macam upaya dilakukan dalam tiga tahun terakhir  untuk mengimbangi lonjakan jumlah mahasiswa. Sebut saja perbaikan sistem pengelolaan dan kebijakan akademik, penambahan jumlah dosen pengajar, pengembangan jumlah program studi dan minat, pengembangan kurikulum yang berkelanjutan. Serta peningkatan penyediaan berbagai fasilitas laboratorium juga sarana dan prasana seperti pembangunan gedung berlantai 8 yang tak lama lagi rampung. Sedangkan kualitas dan jaminan mutu jasa layanan pendidikan, seluruh jurusan di FTP pada tahun 2012 telah lolos sertifikasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan tinggi (BAN PT).

“Saat ini semua Program Sarjana di FTP dan Program Magister Teknologi Hasil Pertanian meraih Akreditasi A serta Program Magister Teknologi Industri Pertanian meraih akreditasi B. Tak hanya tersertifikasi regional, sejak November lalu, Program Studi Ilmu dan Teknologi Pertanian (ITP) telah mendapatkan  akreditasi internasional dari Institute of Food Tecnologists (IFT) Amerika Serikat,” ungkapnya pada ajang pertemuan dan sharing informasi pihak pengelola fakultas dengan orangtua mahasiswa  yang rutin digelar setiap tahun ini. Dengan demikian, lanjutnya, FTP telah siap bersaing dikancah internasional dan menampung mahasiswa dari luar negeri (elr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian