MochiNut Candy, Permen Unik Tinggi Antioksidan

SEMINAR NASIONAL BRAWIJAYA HALAL FOOD FAIR (BHFF)
Mei 5, 2014
FTP UB Menerima Kunjungan Kepala SMAN/SMKN Se-Bekasi
Mei 7, 2014

MochiNut Candy, Permen Unik Tinggi Antioksidan

mochinuttMeluasnya tren hidup sehat memicu naiknya permintaan konsumen terhadap produk pangan yang tidak hanya memiliki physical evidence menarik namun juga memberikan manfaat bagi tubuh. Penggunaan bahan baku alami produk pangan saat ini menjadi pertimbangan bagi Citra Anggraeni, Ratrie Anindia , Rian Hadrian Pratama, Yuninda Triyani serta Maulida Alexianingrum, kelimanya mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya untuk memproduksi permen unik yang mampu meningkatkan imun tubuh yang bernama “MochiNut Candy”

Jika sebagian masyarakat yang mendengar kata ‘MochiNut Candy’ akan mengira bahwa produk ini mirip atau bahkan sama dengan kue Mochi yang terkenal di Jepang, sebenarnya, MochiNut Candy adalah permen berbentuk bulat dan berwarna putih sehingga sekilas mirip Mochi. Mochinut Candy terbuat dari bahan baku alami yaitu kacang tanah, jahe, dan coklat, yang mempunyai manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Alasan memilih kacang tanah, coklat dan jahe sebagai bahan baku karena ketiga bahan tersebut tinggi akan antioksidan. Kacang tanah mengandung antioksidan dan polyphenol berkonsentrasi tinggi, merupakan senyawa yang disebut p-coumaric acid. P-coumaric acid berfungsi meningkatkan antioksidan dalam tubuh hingga 22 %. Selain itu kacang tanah juga mengandung vitamin E, yang juga merupakan salah satu keluarga dari antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker dan penyakit pada kardiovaskular secara signifikan. Pada jahe terdapat senyawa antioksidan alami berupa gingerol yang dapat memberi efek anti-inflamasi dengan cara menghambat enzim COX-2 (salah satu reaksi kimia yang memproduksi senyawa inflammantory). Zat aktif yang berperan sebagai antioksidan pada coklat adalah flavonoid. Keberadaan flavonoid pada coklat erat kaitannya dengan fungsinya sebagai imunomodulator (meningkatkan sistem imun). Peningkatan sistem imun sendiri merupakan benteng pertahanan yang penting untuk mencegah kanker.

Dengan kandungannya yang berkhasiat serta harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 7 ribu/ 50gr  berisi 5 buah permen menjadikan MochiNut Candy ideal sebagai camilan sehat ramah dikantong. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian