Modem untuk Telur Asin

Universitas Brawijaya Special Discount by Garuda Indonesia
April 6, 2015
SENOPATI, Teknologi Pasteurisasi Susu Karya Mahasiswa FTP
April 15, 2015

Modem untuk Telur Asin

100_2789Meningkatnya permintaan telur asin yang tidak diimbangi dengan kapasitas produksi melatari kelima mahasiswa Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (TEP FTP) Universitas Brawijaya melakukan inovasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Teknologi (PKM-T) Dikti 2015. Selama ini pembersihan telur bebek dengan cara konvensional menggunakan serabut alumunium pada proses produksi telur asin. Hal ini membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga hanya mampu memenuhi sepertiga permintaan pasar.

Berangkat dari pemikiran untuk memaksimalkan kapasitas produksi melatari Amilia Choirurachma( TEP 2012), Adi Mas Sulthon (TEP 2011), Agung Cahyono (TEP 2011), Agus Susanto (TEP 2011) dan Effendi Tri Cahyono (TEP 2011) dibawah bimbingan Dimas Firmanda Al Riza, ST, M.Sc.  membuat mesin pembersih telur, MODEM (Modified Pneumatic Egg Washer Machine). Modem merupakan alat untuk mencuci telur bersistem pneumatik (tekanan udara-red) menggunakan kompresor.

Pada sosialisasi yang dilakukan di UD Rukun Jaya, Jalan Diponegoro Gang 3 No. 41 Sisir Kota Batu, hari Sabtu (11/04/2015) lalu Modem berhasil mencuci 250 butir telur hanya dalam waktu 10 menit. Padahal Pembersihan telur dengan metode biasa membutuhkan waktu dua menit perbutir. Dengan demikian terbukti Modem dapat mengoptimalkan kapasitas produksi secara signifikan.

Dipaparkan Agus Susanto bahwa alat ini tengah menjajagi proses paten. “Saat ini Modem tengah kami urus Hak Patennya melalui LPPM UB. Sebenarnya alat ini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mencuci telur semata, tetapi juga dapat digunakan pada komoditas lain seperti kentang, ketela, atau umbi lainnya. Kedepan kami harap alat ini dapat diproduksi secara massal mengingat fungsinya bagi UKM atau home industri.” pungkasnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian