Monev KKN Mapres di Poncokusumo

NILAI UAS SEMESTER GANJIL 2013/2014
Februari 6, 2014
TEP Rancang Kurikulum KKNI
Februari 7, 2014

Monev KKN Mapres di Poncokusumo

Z44Tim Monitoring dan Evalusi (Monev) kunjungi Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) tahun 2014 di Desa Argosuko, Poncokusuma, Kabupaten Malang, Kamis (6/2/2014) siang.

Kunjungan anggota tim monev terdiri Yusron  Sugiarto, STP. M.Sc dan Endrika Widyastuti, S.pt. M.Sc. MP didampingi staf Sub. Bagian Kemahasiswaan FTP, Yefri Maulutdin ini dimaksudkan meninjau persiapan akhir program yang akan dilakukan ketiga kelompok mahasiswa pada kegiatan KKN Mapres FTP di dusun Wangkal Lor  tersebut.

“Kita memastikan kesiapan para mahasiswa sebelum terjun langsung ke lapangan. Rencananya, mereka (mahasiswa,red) akan melakukan pelatihan terpadu pengembangan usaha pengolahan buah blimbing kepada masyarakat setempat sebagai salah satu wujud kontribusi FTP bagi masyarakat luas,” ujar Yusron.

Monitoring dilakukan mulai dari kesiapan bahan dan materi pelatihan seperti konten presentasi, bahan, metode dan rancangan alat peraga. Nampak tim monev tengah serius menyimak presentasi dan menanyakan detail program kerja  masing –masing kelompok sembari memberikan saran dan masukan. Selain monitoring kesiapan program kerja juga dilakukan evaluasi kegiatan KKN yang telah berjalan mulai hari Senin (3/ 2/2014) kemarin.

Diungkapkan salah satu koordinator kelompok, Faiq, mahasiswa jurusan TEP angkatan 2011,  rencananya kegiatan KKN mapres kali ini difokuskan membantu masyarakat khususnya petani belimbing yang tergabung di kelompok tani Anggrek dengan memberikan pelatihan manajemen produksi pembuatan minuman kemasan sari buah belimbing.

Mulai dari proses produksi yang hegienis hingga teknologi pengemasan produk dan metode sirkulasi produk untuk jaminan keamanan pangan. Selain itu mahasiswa juga membantu merancang  desain kemasan produk yang menarik guna menambah nilai jual, membuatkan desain banner lokasi sekaligus mencarikan pasar baru bagi produk tersebut. elr

Z45

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian