Niat & Kesungguhan, Daya Dorong Keberhasilan

PENDAMPINGAN SURVEILLANCE II ISO 9001:2008 FTP
Mei 4, 2012
Tanda Tangan Ijazah bagi Calon Wisudawan Periode VI
Mei 7, 2012

Niat & Kesungguhan, Daya Dorong Keberhasilan

Besarnya  niat dan  motivasi  seseorang dalam melakukan sesuatu hal dipercaya dapat menjadi daya dorong yang dasyat dalam pencapaian sebuah tujuan atau cita-cita. Demikian disampaikan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB, Dr. Ir. Bambang Susilo, M. Agr. Sc saat memberikan motivasi kepada puluhan siswa SMU NU Centini , Lamongan yang berkunjung ke FTP, Rabu (2/5) siang.

“Selama ada niat yang besar dan kesungguhan upaya mencapai tujuan maka Insya Allah akan ada jalan keluar yang disediakan Allah SWT.  Sudah dijanjikan Alah SWT, ketika kita bersungguh-sungguh dalam menapaki jalan kebaikan maka akan ada jalan dan pertolonganNya. hingga tidak perlu ada keraguan dan ketakutan melangkah  seperti  keinginan melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Disamping itu, imbuhnya, keberanian mengambil keputusan dengan cermat juga merupakan factor penting yang menentukan keberhasilan. Dikatakan Bambang, tidak perlu merasa rendah diri hanya karena berasal dari daerah, lantaran telah terbukti, banyak orang besar terlahir justru dari keluarga sederhana dan berasal dari daerah.

Menurut dosen terfavorit jurusan TEP tahun 2012ini, hal tersebut dikarenakan orang dari daerah rata-rata mempunyai daya juang tinggi. Lantaran hidupnya terbiasa harus survive dengan keterbatasan sarana dan minimnya fasilitas yang ada. Keadaan serba terbatas tersebut, lanjutnya, selain menjadikan orang yang tangguh juga menumbuhkan kreatifitas.

“ Presiden SBY itu berasal dari daerah, saya juga dari berasal dari daerah.  Dimana saat Sekolah Dasar, saya harus berjalan kaki sejauh 8 kilometer,” ungkapnya memberikan pencerahan kepada siswa SMU Centini.

Sehingga tak ada alasan untuk takut mengembangkan harapan  dan optimis mencapai keberhasilan. Karena keberhasilan itu  merupakan hak setiap orang, tinggal bagaimana mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki dan kegigihan berusaha untuk menunjukkan kesunguhan meraih harapan.

Menampik keraguan untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi terkait fenomena mahalnya biaya mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, Ketua PSIK FTP, Mas’ud Effendi, STP. MP dalam paparannya menjelaskan tentang mekanisme SPP proposional dan banyaknya bantuan dana berupa beasiswa yang dapat diakses mahasiswa dengan mudah.

“Setiap tahunnya ada penyaluran beasiswa dari berbagai instansi terutama beasiswa bidik misi untuk mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik misalnya IPK minimal 3 dan aktif mengikuti kegiatan kehasiswaan sebagai persyaratan utama,” jelas Mas’ud.

“Perguruan tinggi itu bukanlah menara gading yang tak bisa dijangkau. Semua pihak selayaknya dapat mengakses semua fasilitas dan sumberdaya yang ada. FTP UB sebagai bagian dari perguruan tinggi  sangat terbuka bagi pihak ekstern. Sebagai sarana penyebaran ilmu pengetahuan yang dikembangkan untuk kemaslahatan masyarakat,” tutur Kajur  jurusan TIP, Dr. Ir. Nurhidayat, MP saat menjawab pertanyaan Kepala Sekolah SMU NU Centini Lamongan, Drs. Ahmad Sayuti, MPd, mengenai adanya kemungkinan kerjasama dan bantuan bimbingan Karya Ilmiah Remaja (KIR).

Kedatangan rombongan siswa SMA NU CENTINI, Lamongan di FTP tersebut disambut langsung  Pembantu Dekan I, Dr.Ir.Bambang Dwi Argo, DEA, Ketua Jurusan TIP dan ketua Tim PSIK, Mas’ud Effendi STP, MP, Sekretaris PSIK, Moch. Nur cholis, STP. MP dan KTU, Drs. Fachur Rahman, MAB, di Aula FTP lantai 2. Selanjutnya, rombongan melakukan kunjungan ke laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian dan Food Production and Training Centre (FPTC) di jurusan THP.  Serta melihat laboratorium Bio Industri dan laboratorium Teknologi Agrokimia di jurusan TIP.

Kepala SMA CENTINI Lamongan, Drs. Ahmad Sayuti mengatakan, tujuan dilakukan kunjungan ke UB, khususnya FTP agar membuka wawasan siswa tentang kehidupan di kampus dan menumbuhkan semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.  [elr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian