Pekan Ilmiah Mahasiswa Baru 2015

Jadwal Foto KTM Mahasiswa Baru UB 2015-2016 Program Sarjana
Desember 1, 2015
Dwiki dan Hasna Presiden Wapres BEM FTP 2015-2016
Desember 4, 2015

Pekan Ilmiah Mahasiswa Baru 2015

pimba_2015[1]Pekan Ilmiah Mahasiswa Baru (PIMBA) merupakan kegiatan tahunan yangdiadakan oleh ARSC (Agritech Research and Study Club) sebagai media untuk memperkenalkan PKM pada mahasiswa baru Fakultas Teknologi Pertanian. Melalui PIMBA, mahasiswa baru diajak untuk menggali ide baru, belajar menyusun proposal PKM dengan baik dari segi format dan gagasan, serta belajar mempresentasikan gagasan mereka. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mencetak kader-kader penulis berbakat di lingkup Fakultas Tekologi Pertanian sehingga diharapkan nantinya mereka dapat mengharumkan Fakultas Teknologi Pertanian, baik di kancah nasional ataupun internasional.Selain itu,kegiatan PIMBA juga merupakan seleksi awal dan persiapan dari fakultas untuk mengikuti event Rektor Cup 2016 yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya setiap tahunnya.

IMG_4588[1]Kegiatan PIMBA sendiri diikuti kurang lebih 200 mahasiswa baru. Dalam pembuatan proposal ini peserta pada tiap kelompok didampingi oleh SPV(Supervisor). SPV terdiri dari mahasiswa angkatan 2012-2013 yang memiliki pengalaman dalam membuat proposal PKM. Beberapa dari SPV juga merupakan mahasiswa yang telah lolos pendanaan DIKTI maupun yang lolos dalam final PIMNAS. Setelah mendapat bimbingan dari SPV yang telah ditentukan, terkumpullah kurang lebih 70 proposal dari 6 bidang yaitu penelitian. Kewirausahaan, pengabdian masyakat, penerapan teknologi, karsa cipta dan gagasan tertulis. Dari proposal yang telah diterima ini kemudian diseleksi kembali sehingga diperoleh finalis untuk final PIMBA 2015.


IMG_4597[1]
Final PIMBA dilaksanakan pada 28 November 2015 di gedung
Fakultas Teknologi Pertanian. Para finalis mempresentasikan hasil ideide mereka dihadapan juri yang terdiri dari satu juri dosen dan satu juri mahasiswa untuk setiap karya. Masing masing kelompok mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karyanya selama 10 menit yang selanjutnya dilanjutkan dengan tanya jawab oleh juri. Melalui seleksi yang ketat dari para dewan juri akhirnya didapatkanlah juara juara dari masingmasing bidang PKM. Acara ini dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana, Besari Ahmad Wiyono (TIP 2014), ketua ARSC, Deviana H. (THP 2012) dan Angky Wahyu Putranto, STP. MP. selaku staff Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan. Pemenang dari PKM Penelitian adalah dari kelompok Linda Novitasari,dkk(TIP 2015). Pemenang dari PKM Kewirausahaan adalah dari M. Lukman, dkk (TIP 2015). Pemenang dari PKM Pengabdian Masyarakat adalah Rismoyo,dkk (TEP 2015). Pemenang dari PKM Penerapan Teknologi adalah Elisa Krismiyanti,dkk(THP 2015). Pemenang dari PKM Karsa Cipta adalah Shintya Laylie M, dkk (TEP 2015). Pemenang dari PKM Gagasan Tertulis adalah Khalil Milad Fadhillah, dkk (TIP 2015). Melalui seleksi dari juara yang diperoleh maka didapatkan juara umum PIMBA 2015 adalah dari jurusan Teknologi Industri Pertanian.

IMG_4601[1]Juara  1,2,3 serta harapan 1 dan 2 dari masing masing bidang PKM nantinya akan diseleksi kembali untuk mengikuti ajang Rektor Cup 2016 yang akan diadakan sekitar Februari 2016. Dari ajang PIMBA ini diharapkan para mahasiswa baru mulai mengenal mengenai kepenulisan ilmiah terutama mengenai PKM sehingga terjadi regenerasi di mahasiswa baru sebagai caloncalon peraih medali PIMNAS untuk tahun-tahun mendatang.

IMG_4606[1]

IMG_4613[1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian