Pelatihan Konselor Internal BKPA Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya

Penerimaan Mahasiswa Baru Pasca Sarjana FTP Semester Ganjil 2021/2022
Maret 2, 2021
Floice Juarai International Choir Competition
Mei 8, 2021

Pelatihan Konselor Internal BKPA Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya

Badan Konseling dan Pertimbangan Akademik (BKPA) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan Pelatihan Konselor Internal BKPA FTP UB, Jumat (26/03/2021) secara daring.
Menghadirkan Ulifa Rahma, S.Psi., M.Psi, Psikolog selaku narasumber, kegiatan ini membahas dasar dasar konseling dan teknik konseling online bagi konselor BKPA FTP. Metode online atau e-counselling yang sangat tepat digunakan di masa pandemi ini telah banyak dilakukan di berbagai negara melalui penggunaan email, telpon, webcam, messaging, halaman web, chat room hingga video conference.


Terdapat tiga tahapan e-counselling yaitu persiapan konselor termasuk diantaranya pengetahuan akan isu yang akan ditangani, etika dan kaidah hukum, serta manajemen konseling serta persiapan media elektronik berupa penyediaan telepon, PC, dan koneksi internet yang memadai. Tahapan kedua berupa proses konseling yang terdiri dari tahap pengantar, penjagaan, penafsiran, pembinaan, dan penilaian. Adapun tahap terakhir yang merupakan pasca konseling adalah ditentukannya langkah lebih lanjut dalam penanganan konseling yang terbagi dalam empat pilihan yaitu: (1) sukses effective daily living (EDL), (2) konseling dilanjutkan secara face to face, (3) e-counselling berlanjut, (4) konseli direferal pada konselor lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian