Dosen TEP Berlatih Membuat Sabun

Jadwal UTS Ganjil 2017-2018
Oktober 16, 2017
Pakar Bioeconomy Eropa, Asia dan Australia Bahas Isu Global di FTP UB dalam ICGAB 2017
Oktober 26, 2017

Dosen TEP Berlatih Membuat Sabun

Jurusan Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Sabun Padat dan Cair bagi Dosen, Jumat (20/10/2017) di laboratorium Teknologi Proses Pengolahan Hasil Pertanian. Menghadirkan narasumber Saptini Mukti Rahajeng, MSi. dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan Malang, kegiatan ini diikuti sekitar 30 dosen di lingkungan Jurusan Keteknikan Pertanian.

Dalam paparannya Saptini menjelaskan bahwa sabun merupakan campuran dari asam lemak dan alkali yang melalui proses saponfikasi. Saponifikasi merupakan suatu proses yang mereaksikan asam lemak dengan natrium atau kalium hidroksida untuk menghasilkan garam asam lemak atau sabun dan gliserol atau gliserin. Untuk menghasilkan sabun padat/batang membutuhkan NaOH, sementara KOH digunakan dalam pembuatan sabun cair.

“Sebenarnya metode pembuatan sabun ini ada tiga cara yaitu cold process, hot process dan melt and pour. Kali ini kita akan bersama sama membuat sabun dengan menggunakan metode hot process. Pertama panaskan 350 gram asam stearat dalam panci steanless hingga mencair sempurna. Lalu masukkan minyak sawit/kelapa dan minyak jarak kemudian aduk hingga homogen. Setelah larutan homogen lalu masukkan berturut turut zaitun, gliserin, larutan A (300gr NaOH, 700ml air, 375gr gula) dan larutan B (225ml air, 150gr asam sitrat dan 10gr garam) lalu aduk hingga homogen. Matikan api. Masukkan alkohol lalu aduk hingga homogen. Masukkan bakal sabun tersebut dalam wadah dan diamkan selama 24 jam. Setelah 24 jam, lalu cairkan kembali bakal sabun yang sudah memadat tersebut dan masukkan minyak sereh wangi (bahan aktif). Kemudian diamkan kembali selama 24 jam hingga sabun siap dikemas,” pungkasnya. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian