Pelatihan SPMI 2016

Simulasi AUN-QA TIP bersama Prof. Satria Bijaksana – ITB
April 9, 2016
FTP Tambah 2 Guru Besar
April 19, 2016

Pelatihan SPMI 2016

IMG-20160415-WA0009[1]Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya menyelenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan  Mutu Internal (SPMI) 2016 di Ruang Sidang FTP lantai 8, Jumat (15/04/2016). Menghadirkan Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng. Ph.D., dari Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya (PJM UB) pelatihan ini dihadiri oleh Agustin Krisna Wardani, STP.MSi. Ph.D selaku MR GJM FTP beserta sekitar 26 anggota Unit Jaminan Mutu (UJM) masing masing jurusan dan GJM FTP.

Dalam sambutannya ketua GJM FTP, Rizky L.R. Silalahi, STP.MSc. mengatakan,” Meski pelatihan ini bukan pertama kalinya diselenggarakan, namun tetap saja penting untuk diikuti, terlebih karena beberapa anggota UJM termasuk relatif baru. Harapannya melalui pelatihan ini dapat semakin memantapkan sistem penjaminan mutu di lingkup Fakultas Teknologi Pertanian,” paparnya.

IMG-20160415-WA0012[1]Berbagai materi yang disampaikan dalam pelatihan kali ini diantaranya adalah Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi, Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Model Badan Akreditasi Nasional, SPME Model ISO 9001 serta Implementasi SPMI di Universitas Brawijaya.

IMG-20160415-WA0013[1]Dalam paparannya, Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng. Ph.D. memaparkan bahwa pada dasarnya SPMI merupakan jawaban permasalahan pendidikan tinggi di Indonesia.  Dalam pelaksanaannya standar mutu harus sama, perbedaan dimungkinkan hanya pada pedoman atau metode yang digunakan. Standar mutu ini diperlukan untuk menjamin terselenggaranya mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan sehingga pelanggan memperoleh kepuasan. Penjaminan mutu internal dilaksanakan secara mandiri melalui PJM, GJM dan UJM. Sementara penjaminan mutu secara eksternal dilaksanakan oleh badan akreditasi baik nasional maupun internasional, badan sertifikasi ISO atau lembaga lainnya.

Tujuan diimplementasikannya SPMI di UB adalah untuk meningkatkan kinerja manajemen unit kerja di lingkungan UB dengan memenuhi standar mutu atau sasaran mutu yang telah ditetapkan, sehingga visi dan misi UB dapat dicapai serta meningkatkan pelayanan, sehingga dapat memenuhi harapan atau kepuasan pengguna jasa layanan, meningkatkan akreditasi Institusi dan Jurusan (Program Studi), mendapatkan pengakuan eksternal dengan melakukan sertifikasi ISO maupun  sebagai akselerasi World Class Entrepreneur University (WCEU). (dse)

IMG-20160415-WA0014[1]IMG-20160415-WA0011[1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian