Pemaparan Visi Misi dan Proker Calon Dekan

Pemilihan Ketua HIMATETA dan HIMALOGISTA 2015
Desember 15, 2014
Pameran Gambar Teknik TEP
Desember 22, 2014

Pemaparan Visi Misi dan Proker Calon Dekan

paparan-visi-misi-proker-calon-dekan-ftpPara calon Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) untuk periode 2015- 2019 menjelaskan visi misi dan program kerja masing masing pada Pemaparan Visi Misi Cadek di Aula FTP lantai 2, Kamis (18/12/2014).

5Dalam sambutannya diawal acara, Dekan FTP, Dr. Ir. Bambang Susilo M.Sc.Agr. menjelaskan prestasi dan capaian FTP selama ini. “Alhamdulilah FTP meski masih berusia muda tetapi sudah memiliki banyak prestasi. Salah satu program studi kita , ITP juga sudah terakreditasi Internasional dari IFT di Amerika Serikat. Saat ini diusianya yang baru 16 tahun, sebagai salah satu fakultas muda di Brawijaya, FTP sudah memiliki banyak peminat. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat keketatan yang tinggi termasuk pada kedua program studi baru kita. Keketatan program studi Bioteknologi Pangan dan Agroindustri sudah mencapai 29,7 %. Sementara pada program studi Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan, keketatannya sudah mencapai 21% yang artinya setiap orang calon mahasiswa harus bersaing dengan 21 calon mahasiswa lain untuk dapat menempuh pendidikan di FTP.  Kedua calon Dekan FTP untuk periode mendatang ini sama sama kompeten. Tentunya tantangan keduanya akan semakin besar dimasa yang akan datang. Terlebih kita akan menghadapi Asian Economic Community, sehingga seharusnya siapapun yang terpilih nantinya mampu membawa FTP untuk siap bersaing di lingkup Asia,” paparnya.

6Sesaat kemudian, Dr. Ir. Yunianta DEA, calon Dekan FTP nomor urut satu dalam paparannya menyampikan visinya untuk menjadi Dekan yang mampu mengantarkan Fakultas Teknologi Pertanian menjadi fakultas yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, cerdas dan berdaya saing tinggi dalam mengembangkan ilmu teknologi pertanian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Dr. Yunianta juga menjelaskan misinya sebagai dekan adalah mengemban penyelenggaraan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari seluruh civitas akademika sehingga dihasilkan lulusan bermutu tinggi dan berakhlak mulia, institusi yang disegani di tingkat nasional dan internasional serta mampu memberikan dampak peningkatan nilai tambah produk pertanian untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.

Untuk menyukseskan visi dan misi tersebut, Dr. Yunianta yang mempunyai motto “Kesejahteraan Indonesia sangat tergantung kiprah FTP. Mari kita bantu bangsa agraris ini” tersebut mengusung empat program kerja; Pengembangan sumberdaya manusia, Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Sarana dan Prasarana serta Pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat.

IMG_9033Sementara itu,  bakal calon Dekan FTP no urut dua, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App. Sc. menjelaskan paparannya tentang akselerasi langkah FTP menuju internasionalisasi institusi. “Sesuai dengan tonggak capaian UB maka pada tahun 2015-2020, semua fakultas di UB harus berusaha untuk mencapai tonggak yang ditentukan yaitu pencapaian daya saing Asia. FTP merupakan salah satu pilar UB sehingga diharapkan dapat mendukung pencapaian tonggak yang telah ditetapkan. Untuk dapat mencapai daya saing Asia (internasionalisasi) maka salah satu syarat penting adalah organisasi yang sehat, dicirikan oleh pengelolaan yang transparan, akuntabel, kredibel bertanggung jawab dan berkeadilan. Dalam rangka internasionalisasi FTP di level Asia, strategi yang saya ajukan adalah tiga tahap tonggak capaian yaitu penguatan institusi, profesionalisasi menuju internasionalisasi internasionalisasi.  Dari tahapan ini saya usulkan empat program utama pengambangan yaitu program peningkatan kualitas pendidikan, program peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, program peningkatan kualitas kemahasiswaan dan alumni serta program peningkatan kualitas kelembagaan dan kerjasama,” jelas Dr. Sudarminto yang saat ini juga menjabat sebagai PD II bidang Administrasi Umum dan Keuangan FTP. [dse]

[metaslider id=7705]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian