Pimpinan FTP Juara II Lomba Masak HUT KORPRI Ke-43

Yudisium November 2014
November 28, 2014
PEMILWA FTP 2014
Desember 5, 2014

Pimpinan FTP Juara II Lomba Masak HUT KORPRI Ke-43

pemenangJajaran pimpinan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) membuktikan tak hanya menguasai manajemen dan ilmu pangan secara teori tetapi juga mampu mengaplikasikannya secara nyata ketika mengolah produk pangan sehat kaya gizi nan lezat dalam Lomba Memasak Memperingati HUT KORPRI ke 43 antar fakultas se Universitas Brawijaya, Senin (01/12/2014).

Pada Lomba Memasak HUT KORPRI tersebut, tim FTP yang terdiri dari Dekan, Dr. Ir. Bambang Susilo, M. Agr. Sc. ;  Pembantu Dekan II, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M. App. Sc. ; dan Kepala Tata Usaha, Drs. Fatchur Rahman, MAB.  berhasil memukau dewan juri dan para undangan dengan masakan berbahan dasar tahu dan beras merah.  Hal ini dibuktikan dengan hidangan Flower Tofu yang langsung ludes diserbu undangan dan ketiga juri sebelum ahli gizi UB sebagai juri keempat sempat mencicipi.  Selain Flower Tofu, tim ini juga menyajikan Special Fried Red Rice dan Rainbow Juice.

dekanatFlower Tofu merupakan kudapan berbahan tahu dengan paduan udang, sayuran dan mie yang garing diluar namun tetap lembut di dalam. Selain tampilannya yang crunchy, hidangan ini merupakan sumber protein bagi penderita asam urat. Flower Tofu yang berbahan tahu ini juga rendah kolesterol serta memiliki kemampuan untuk mencegah anemia dan osteoporosis. Hidangan utama tim FTP adalah Special Fried Red Rice atau nasi goreng spesial a la FTP yang diracik khusus dengan bumbu rahasia menggunakan beras merah yang merupakan sumber asam amino, karohidrat kompleks, vitamin B dan serat sehingga tak hanya bercita rasa lezat tetapi juga mempunya manfaat bagi kesehatan. Beras Merah yang juga mengandung antosianin ini sangat bermanfaat sebagai zat antioksidan, antikanker, anti glisemik tinggi sehingga baik untuk diabates, serta anti hipertensi. Sementara Rainbow Juice adalah minuman segar yang tidak hanya mampu menghilangkan dahaga tetapi juga kaya serat, memiliki kandungan vitamin, mineral, protein dan gizi yang sangat baik agar tubuh tetap sehat dan bugar berkat kandungan mangga, jambu merah, stroberry, kiwi, melon dan susu sebagai bahan dasarnya. Juz segar ini juga memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki sama sekali kandungan kolesterol didalamnya sehingga sangat aman dikonsumsi. Selain itu penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam buah dapat menjaga kekebalan tubuh manusia dan memiliki kemampuan sebagai anti radikal bebas yang berperan aktif pada efek penuaan dini maupun penyakit lainnya.

DSC_0159Lomba Masak HUT KORPRI ini memperhatikan beberapa aspek penilaian, diantaranya adalah rasa makanan, rasa minuman, keserasian antara makanan dan minuman yang disajikan, kebersihan, cara menyajikan dan teknik memasak. Berdasarkan kriteria tersebut dewan juri memutuskan tim dari Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian Universitas Brawijaya (BAUK- UB) sebagai juara pertama dengan total nilai 2781, tim FTP sebagai juara kedua dengan total nilai 2733 dan tim dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebagai juara ketiga dengan total nilai 2688. Seluruh pemenang mendapatkan hadiah trophy dan special gift KORPRI. Selain itu dewan juri juga memutuskan tim dari Fakultas Kedokteran (FK) sebagai tim terkompak karena mampu memasak sambil bergoyang mengikuti irama lagu. Seluruh peserta pada lomba ini berhak mendapat masing masing satu kilogram ikan lele segar. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian