PJM FATEPA UNRAM Kunjungi GJM FTP

Visitasi Akreditasi Ilmu Teknologi Pangan
Oktober 13, 2016
PENGUMUMAN KKN MAPRES 2017
Oktober 20, 2016

PJM FATEPA UNRAM Kunjungi GJM FTP

fateta unramPenjaminan Jaminan Mutu Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri (FATEPA) Universitas Mataram mengunjungi Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Jumat (14/10/2016). Ketua PJM FATETA Unram, Dr. Ir. Satrijo Saloko, MP. diterima langsung Dekan, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc. beserta Ketua GJM FTP, Rizki Lutfian Silalahi, STP. MSc. dan jajarannya di ruang GJM FTP lantai I mulai pukul 13.00 WIB.

Dalam paparannya, Dr. Ir. Satrijo Saloko, MP menjelaskan bahwa kunjungan kali ini adalah sebagai sharing dan bench marking kegiatan penjaminan mutu antar kedua institusi. “Untuk mencapai kualitas pembelajaran yang baik tentunya diperlukan suatu pengelolaan penjaminan mutu yang kompeten dan berkesinambungan. Kami berterimakasih FTP telah berkenan menerima dan berbagi ilmu dengan kami dari Mataram. Harapannya semoga kegiatan ini selain membuka wawasan kami terkait efektifitas implementasi sistem penjaminan mutu juga mampu meningkatkan silaturahmi antara kedua institusi,” paparnya.

Dalam sambutannya Dekan FTP Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc. menjelaskan bahwa penjaminan mutu merupakan salah satu unsur penting dalam pengelolaan pendidikan tinggi. “Mutu yang baik dan berkelanjutan merupakan salah satu indikator pengelolaan pendidikan tinggi yang berkualitas. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem penjaminan mutu baik internal maupun eksternal.  Kami selalu berkomitmen untuk mengedepankan mutu demi peningkatan kualitas lulusan dan daya saing. Alhamdulilah sistem penjaminan mutu kami termasuk baik di UB sehingga kami berhak menyelenggarakan audit sendiri sejak beberapa tahun lalu,” paparnya.

Senada dengan Dekan, Ketua GJM FTP, Rizki Lutfian Silalahi, STP. MSc. juga memaparkan bahwa beberapa audit yang dilakukan secara mandiri di lingkungan FTP adalah audit AIM dan audit pelayanan prima. “Audit Internal Mutu (AIM) pada dasarnya merupakan pemeriksaan sistematik dan independen untuk mengetahui apakah implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) efektif dan sesuai perencanaan yang dilakukan oleh unit kerja di Universitas Brawijaya. AIM ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu audit sistem berbasis implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008, audit kinerja berbasis implementasi Kinerja Standar 3 dan 4 BAN-PT serta audit berbasis Standar Pelayanan Prima,” jelasnya.

Seusai diskusi kerja dan telaah dokumen penjaminan mutu seperti instruksi kerja dan manual prosedur, kegiatan diakhiri dengan tukar menukar cendera mata, ramah tamah serta foto bersama. (dse)

IMG_1499fateta unramfateta unram gjm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian