Program Pengabdian Kepada Masyarakat FTP-UB “Pemanfaatan Kertas Bekas dan Serat Tanaman Menjadi Kertas Seni”

Hebat! Mahasiswa FTP Juga Menjuarai Pameran Inovasi pada PIMNAS Non-PKM di Universitas Udayana Bali
September 1, 2019
Perolehan Medali Kontingen Fakuktas Teknologi Pertanian di Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 32
September 2, 2019

Program Pengabdian Kepada Masyarakat FTP-UB “Pemanfaatan Kertas Bekas dan Serat Tanaman Menjadi Kertas Seni”

Penyerahan Cinderamata

Praktik Pembuatan Kertas Seni

Minggu (1/9) telah dilaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat FTP-UB yang dilakukan oleh beberapa dosen FTP (Fakultas Teknologi Pertanian) jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya bersama Yayasan Taqwa Al Qolbi, Malang. Acara ini berisi pelatihan pembuatan kertas seni dari serat tanaman dan kertas bekas yang dilakukan oleh Ibu Nur Lailatul Rahmah, S.Si, M.Si, Ibu Ika Atsari Dewi, STP, MP, Ibu Azimmatul Ihwah, S.Pd, M.Sc, Bapak Hendrix Yulis Setyawan STP, M.Si, Ph.D dan beberapa mahasiswa selaku pemateri. Acara berlangsung pada pukul 10.00 – 14.00 yang bertempat di Yayasan Taqwa Al Qolbi, Malang.

Acara berisi pelatihan pembuatan kertas seni dari serat tanaman yaitu rumput gajah, pinang, dan pelepah pisang dengan menggunakan campuran kertas bekas yaitu koran. Runtutan acara dimulai dari pembukaan berupa doa bersama, pembagian modul, pre test, pemaparan materi, praktik pembuatan kertas, pemberian cinderamata dan berakhir dengan sesi foto bersama serta pembagian bingkisan. Acara ini diikuti oleh adik-adik Yayasan Taqwa Al Qolbi dan beberapa pengurus sebagai audience.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pemanfaatan kertas bekas dan serat tanaman sebagai bahan pembuatan kertas seni dapat ditingkatkan dan dikembangkan sebagai pengganti bahan baku kayu (Afi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian