PS Keteknikan Pertanian Jelang Sertifikasi InternasionalAUN QA

Universitas Halu Oleo Kendari Kunjungi FTP
Maret 7, 2014
TUSTEL Gagas Diklat Photo Produk
Maret 7, 2014

PS Keteknikan Pertanian Jelang Sertifikasi InternasionalAUN QA

lab tssuProgram Studi Sarjana (S1) Keteknikan Pertanian (TEP) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) saat ini tengah serius mempersiapkan sertifikasi Asean University Network-Quality Assurance (AUN QA). Penyusunan dokumen SAR (Self Assessment Report) dan data dukung telah dimulai  oleh tim task force SAR PS Keteknikan Pertanian sejak November 2013.

Ketua tim task force SAR PS Keteknikan Pertanian, Ir. Musthofa Lutfi, MP, menerangkan persiapan dokumen untuk 15 kriteria penilaian yang dipersyaratkan AUN QA telah rampung dilakukan namun masih perlu dilakukan penyempurnaan.

Proses penyempurnaan dokuman dilakukan dengan bantuan PJM UB melalui mekanisme audit internal, mengingat PJM UB telah memiliki assessor internal yang bersertifikat sebagai assessor AUN-QA. Audit internal siklus satu telah dilakukan dan saran perbaikan telah diimplementasikan dalam dokumen SAR dan saat ini  audit internal siklus kedua sedang dilaksanakan.

Program assessment AUN-QA terdiri dari 15 kriteria penilaian yaitu 1) expected learning outcome, 2) programme specification, 3) programme structure and content, 4) teaching and learning strategy, 5) student assessment, 6) academic staff quality, 7) support staff quality 8) student quality, 9) student advice and support, 10) facilities and infrastructure, 11) Quality assurance of teaching and learning process, 12) staff development activities, 13) stakeholders feedback, 14) output, dan 15) stakeholders satisfaction.

Hal ini sedikit berbeda dengan penilaian akreditasi BAN-PT dikti yang terdiri dari tujuh standard penilaian.  Perbedaan tersebut adalah bahwa kriteria ke 5, 9, 13, 14 dan 15 pada AUN-QA tidak terdapat dalam standar penilaian akreditasi BAN-PT Indonesia.

“Hasil assessment diberikan dalam tujuh tingkatan yang akan diberikan jika program studi atau institusi pendidikan memenuhi semua syarat dan standar yang ditetapkan oleh AUN QA. Apabila suatu program studi mendapatkan akreditasi BAN PT dengan nilai A diperkirakan akan mendapatkan minimum skala 4 pada assessment AUN-QA. Keuntungan dilakukannya assessment AUN QA ini adalah adanya pengakuan internasional atas mutu belajar-mengajar dan mempermudah sistem transfer kredit mata kuliah dalam program pertukaran mahasiswa interrnasional,” paparnya.  [elr]

Z34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian