RAPAT DOSEN LENGKAP SEMESTER GENAP TA 2011/2012

SOSIALISASI PERSIAPAN SURVEILLANCE ISO 9001:2008
Februari 15, 2012
Kunjungan SMAN 1 Sukodadi Lamongan
Februari 16, 2012

RAPAT DOSEN LENGKAP SEMESTER GENAP TA 2011/2012

FTP– Mengawali semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya UB mengelar Rapat Dosen Lengkap, di ruang  F2.6  Gedung FTP lanatai 2 , Rabu (15/2), pagi.

Selain dihadiri unsur Dekanat dan unsur pimpinan Jurusan, Rapat besar yang membahas laporan kerja Pembantu Dekan terlaksana  pada semester Ganjil TA 2011/2012 tersebut juga dihadiri segenap dosen FTP dari ketiga Jurusan.  Tampak hadir para guru besar FTP seperti Prof. Dr. Ir. Sri Kumalaningsih, M. App. Sc dari Jurusan TIP, Prof. Dr. Ir. Simon Bambang Widjanarko, M. App. Sc dari Jurusan THP dan Prof. Dr. Ir. Sumardi HS, MS dari Jurusan TEP.

Pembantu Dekan II FTP, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M. App.Sc membuka acara dengan melaporkan program kegiatan yang telah terlaksana pada bidang adminitratif  dan keuangan dan sarana prasarana. Antara lain pembuatan SOP  (Standart Operation System) mengenai Rekruitment tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,  up dating pages Faculty Governance pada website FTP yang berisikan berbagai macam SOP serta pelaksanaan penilaian EvaluasiKinerja Dosen (EKD) . Selain itu, dilaporkan telah dilaksanakan program peningkatan insentif pegawai berbasis kinerja untuk meningkatkan displin dan kinerja pegawai, kemudian penyusunan rencana bisnis dan anggaran tahun 2012 berbasis perencanaan sebagai upaya peningkatan transparansi keuangan adalah beberapa produk yang telah dilaksanakan Pembantu Dekan II beserta jajarannya dalam kurun waktu enam bulan ini.

“Selain itu, beberapa upaya up grading pencitraan FTP juga terus kami lakukan seperti memberi dukungan penuh kepada Dosen yang berperan aktif dalam even-even di kancah  internasional. Seperti bantuan kepada dosen muda yang berangkat ke Jepang  untuk presentasi di universitas Yamaguchi beberapa lalu,”  ungkap Sudarminto.

Sedangkan Pembantu Dekan I FTP, Dr. Ir. Bambang Dwiargo, DEA memaparkan pelaksanaan  program di bidang akademik. Antara  lain, kondisi aktual student body FTP per Februari 2012 sebesar 2519 dikarenakan lonjakan jumlah mahasiswa baru angkatan 2011/2012 yang cukup signifikan, yakni 957. Hal ini tentu saja menuntut adanya partisipasi aktif dan kerjasama yang baik dari semua unsur civitas akademika dalam pengelolaaan sumber daya yang potensial tersebut.

Selain itu, dilaporkan adanya perubahan kurikulum seperti berubahnya beberapa kode mata kuliah, perubahan jumlah sks PKL dan KKN yang di ubah menjadi 2 sks. PKL dan KKN dapat diambil dengan syarat mahasiswa telah menempuh studi minimal 80 sks. Kemudian diungkapkan juga adanya pengembangan bentuk kegiatan tugas akhir atau skripsi mahasiswa yang lebih bervariatif .

“Bentuk kegiatan skripsi  tidak hanya penelitian eksperimental laboratorium saja namun saat ini mahasiswa dapat dirancang dalam bentuk kegiatan bervariasi seperti magang pada perusahaan atau industri, membuat karya desain teknologi atau perancangan alat, kewirausahaan berkaitan dengan disiplin ilmu teknologi pertanian dan karya ilmiah kompetitif .  Semua sudah ditetapkan aturan teknis pelaksanaannya, ” terang Dwiargo.

Pada sesi akhir, Pembantu Dekan III FTP, Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP menerangkan sejumlah program kegiatan bidang kemahasiswaan yang telah dilaksanakan selama kurun waktu enam bulan seperti pencapaian prestasi mahasiswa di bidang karya ilmiah dan non ilmiah serta berbagai kegiatan untuk menunjang pembentukan softskill dan penalaran mahasiswa. [elr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian