Rektor: Optimalkan Publikasi Website

Sosialisasi Internasionalisasi UB dan Hearing Rektor di FTP
November 16, 2011
Interview Calon Dosen Tetap FTP Non PNS
November 21, 2011

Rektor: Optimalkan Publikasi Website

Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr.  Ir. Yogi Sugito, menghimbau  dan mengajak kepada seluruh dosen untuk mengoptimalkan publikasi melalui website untuk meningkatkan pencitraan positif organisasi sehingga dapat membangun persepsi positif Publik terhadap Universitas Brawijaya (UB) pada umumnya dan Fakultas maupun Jurusan pada khususnya.

“ Publikasikan secara aktif seluruh kegiatan Fakultas baik itu di bidang manajemen, kemahasiswaan, akademik dan karya ilmiah dosen melalui  website resmi masing-masing Fakultas ,”  tegasnya.

Hal tersebut disampaikan Rektor pada kunjungan ke Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB dalam rangka  Sosialisasi Program Internasionalisasi UB dan hearing atau Dialog langsung dengan seluruh jajaran Staff pengajar,  Rabu (16/11) pagi.

Diungkapkannya, optimalisasi pengunaan website sebagai media informasi  di era digital dirasa perlu ditingkatkan lantaran adanya fakta bahwa peringkat UB di kancah internasional terbilang rendah meskipun pada pemeringkatan skala nasional UB termasuk unggul dibanding perguruan tinggi lain se Indonesia.

Menurut data Pemeringkatan Perguruan Tinggi oleh dua lembaga internasional Qt. Stars dan Webbometric , dimana pemeringkatan penilaianya berdasarkan aktivitas dan penyediaan informasi yang disajikan di situs resmi atau website intitusi meletakkan UB pada peringkat bawah.

Menurut Qt. Stars, di tingkat Asia, UB masuk urutan 300 dan peringkat 500 se dunia. Sedangkan Pemeringkatan perguruan tinggi menurut Webbometric, UB masuk peringkat 1477.

“Setelah di telusuri, rendahnya peringkat UB di tingkat Internasional bukan dari segi kualitasnya. Namun karena kurangnya pendokumentasian kegiatan melalui website yang dapat diakses dari seluruh dunia,” terangnya.

Sehingga dirasakan perlunya kekuatan media untuk meningkatkan citra dan membangun persepsi postif publik tentang UB.  Dengan semakin baik kuantitas dan kualitas Blog dosen, seberapa besar informasi yang bisa di share dan di akses dengan mudah serta frekuensi website resmi di UB dijadikan link eksternal sehingga menjadikan tingginya tingkat visibilitas situs UB, diharapkan berdampak meningkatkan peringkat UB di mata dunia.

Karenanya, paparnya kemudian, Rektor mengajak seluruh civitas akademika khususnya dosen untuk bersama-sama mendukung progam Go Internationalization UB dengan lebih intens menggunakan kegiatan berbasis teknologi informasi. Seperti, lanjutnya, setiap dosen diharapkan mempunyai Blog berdomain website UB, peningkatan jumlah publikasi jurnal e_journal terutama jurnal internasional .

“Kita mulai galakkan gerakan  penggiatan Blog Dosen, peningkatan visitas dan penggunaan teknologi paperless dalam menunjang tugas pokok  dosen  seperti optimalisasi  e_learning dan pengumpulan tugas instruksional melalui  pemanfaatan blog dan website Fakultas,ujarnya.

Untuk menunjukkan keseriusan Rektor menggarap internasionalisasi UB , kini telah dibentuk unit kerja baru yakni International Office yang bertugas memberikan fasilitas pelayanan semua urusan terkait dengan informasi akademik, kerjasama  luar negeri dan pengurusan dokumen. Seperti pengurusan dokumen imigrasi (paspor dan visa, red) yang diperlukan dosen tugas belajar maupun mahasiswa yang studi di luar negeri .

‘Optimalisasikan fasilitas yang ada di UB seperti International Office , Laboratorium Sentral dan Ilmu Hayati (LSIH), UB Press, dan Unit Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi (UPPTI) guna mendukung internasionalisasi,” pungkasnya.  (elr)

Comments are closed.

id_IDIndonesian