Seminar Job Interview

Kuliah Tamu Polusi Logam Berat di Tanah Pertambangan dari Tohoku University Jepang
Februari 22, 2019
Briefing Praktikum TIP
Februari 26, 2019

Seminar Job Interview

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya adakan Seminar Job Interview, Jumat (22/02/2019) di Aula FTP lantai II. Menghadirkan Yunda Megawati, M.Psi. dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UB kegiatan ini diikuti oleh lima puluh mahasiswa THP angkatan 2015.

Dalam sambutannya ketika membuka acara, Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Prof. Teti Estiasih, STP. MP., menjelaskan bahwa kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini ditujukan untuk menjawab kebutuhan para alumni THP memasuki dunia kerja.

Sementara itu Yunda Megawati, M.Psi., dalam paparannya menjelaskan bahwa untuk berhasil memasuki dunia kerja, seseorang haruslah mengetahui tujuan masing masing. “Tujuan seseorang ketika melamar pekerjaan, memutuskan untuk menerima pekerjaan tersebut, dan berada dalam organisasi perusahaan akan menentukan bagaimana performa orang tersebut bekerja. Mengapa banyak fresh graduate seringkali tidak mengetahui tujuannya dalam bekerja? Pertama, kenali pekerjaan itu sendiri, lalu minat terhadap pekerjaan tersebut, kemudian jangan lupa untuk mengetahui kemampuan dan keahlian bidang kerja tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut pakar psikologi dari FISIP UB ini juga menjelaskan beberapa kriteria yang dibutuhkan perusahaan terhadap para fresh graduate. “Ketahui apa yang diharapkan perusahaan dari para fresh graduate, lalu ukur diri dan kembangkan segala potensi yang ada. Umumnya para perusahaan akan mengharapkan para fresh graduate memiliki kemampuan helping and human service seperti misalnya interpersonal understanding dan customer service orientation; kemampuan personal effectiveness contohnya self confidence, self control atau flexibility; kemampuan managerial contohnya teamwork dan cooperation; kemampuan cognitive seperti misalnya analytical thinking dan initiative, serta  kemampuan achievement and action seperti contohnya concern for order, quality and accuracy. Jadi ketahui potensi diri masing masing dan terus kembangkan,” pungkasnya. (dse) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian