Seminar Kolokium TEP FTP

ASPACK, Teknologi Pengemas Aseptis Karya FTP
Mei 18, 2015
Alang Alang sebagai Modul Sel Surya Organik
Mei 20, 2015

Seminar Kolokium TEP FTP

DSC_0087Himpunan Mahasiswa Keteknikan Pertanian (HIMATETA) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya mengadakan Seminar Kolokium, Sabtu (16/05/2015) di Aula FTP lantai II.

Dalam sambutannya Ketua Himateta, Muhammad Adiansyah (TEP 2012) menyatakan, “Alhamdulilah Kolokium yang merupakan program tahunan Himateta dapat terselenggara dengan baik. Terimakasih untuk para pemateri yang berkenan hadir dan mau berbagi dengan kami disini. Semoga agenda utama kegiatan untuk memperkenalkan dunia kerja pada mahasiswa dapat tercapai dan semua yang hadir disini dapat mengambil ilmu yang bermanfaat,” jelasnya.

Disesi pertama, Dani Wirayanti, STP yang merupakan  mahasiswi TEP 2006 menyatakan untuk selalu percaya diri sebagai lulusan TEP.  Mewakili alumnus yang berkarir di bidang non-TEP, Dani menyatakan , “Tidak usah merasa minder atau malu. Jurusan sudah membekali ilmu yang cukup untuk terjun di masyarakat. Kita harus bangga, sebab alumni TEP FTP tidak hanya mampu berkarya di bidang teknologi pertanian tapi juga mampu merasuk kesemua bidang. Hanya saja yakin dan percaya dirilah akan kemampuan diri sendiri. Untuk itu jangan pernah berhenti belajar untuk terus menambah kompetensi dalam hal apa saja,” tutur AMGR Small Business Risk Analyst Div.Commercial Business Risk PT. Bank Negara Indonesia ini didepan sekitar 150 jumlah peserta dan undangan yang hadir.

Sesi selanjutnya merupakan sharing dari perwakilan alumni yang berkarir sesuai bidang TEP oleh Samsul Anam, STP dan Abdul Wahid Santoso, STP.  Senada dengan Dani,  dalam pemaparannya Samsul (TEP 2005) yang merupakan Ast.Supervisor Warehouse RMPM Pt.Indolakto menyatakan untuk percaya diri sebagai lulusan TEP FTP. “Jangan pernah merasa rendah diri, sebab lulusan TEP FTP termasuk diakui di dunia industri.  Tapi jangan pula merasa jumawa. PD itu perlu asal disertai dengan kemampuan yang mumpuni. Saat ini adik adik hanya perlu belajar yang rajin, jangan bosan untuk selalu melihat keluar, memperluas network dan wacana. InsyaAllah lulusan TEP tidak akan kesulitan diluar. Tinggal bagaimana kita pintar pintar melihat dan mencari peluang,” jelasnya seraya menjelaskan singkat seputar PT.Indolakto. Sementara itu Abdul Wahid (TEP 2006) yang juga mantan Ketua HIMATETA 2009 menjelaskan tentang pentingnya softskill selain keilmuan akademik.  “Dibangku kuliah inilah saat yang tepat untuk meningkatkan softskill. Sebab di masyarakat, justru softskill itulah yang akan banyak berperan. Jadi kalau bisa jangan hanya menjadi mahasiswa yang pergi pulang atau ke kampus hanya untuk kuliah. Banyak banyak mencari kegiatan yang positif. Kemampuan berkomunikasi, berorganisasi, manajerial dan lain sebaginya itu bisa didapat melalui aktivitas semasa menjadi mahasiswa. Kemampuan kemampuan semacam itulah yang sangat berguna sebagai problem solving atau hidup bermasyarakat, terlebih di dunia kerja,” tegasnya.

Sesi terakhir dari dunia wirausaha diwakili oleh Dirganto,STP. M.Pd. C.Ht (pemilik Indosuccess, DEGATrans, DOREMI, DEGAFarm) dan Renaldo Djunaedi Alkaaf, STP (direktur ALKA Bimbel Mikrokontroller, Konsultan dan Training).  Dalam paparannya Dirganto yang mengenyam pendidikan di TEP angkatan 1984 ini menyatakan untuk memiliki ketegasan dan kejelasan .”Tentukan dulu arahnya. Tentukan tujuan secara tegas dan jelas mau dibawa kemana. Setelah jelas, “believe” pada kemampuan diri sendiri. Yakin,yakin dan yakin bahwa anda bisa. Sebab ini faktor yang penting. Keyakinan diri harus terus dipupuk dan dengan sendirinya akan membuka jalan menuju kesuksesan. Jadi simpel saja, tentukan secara spesifik, buat business plan yang jelas dan yakinlah. Tapi jangan lupa doa dan restu orangtua,” paparnya.
Senada dengan Dirganto, Renaldo menyatakan, “Tidak usah terlalu panjang berpikir. Jika anda sudah mempunyai suatu niatan, maka lakukan. Buat perencanaan yang matang, jangan suka menunda dan lakukan yang terbaik.” pungkasnya. (dse)

[metaslider id=8818]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian