Share and Care 2014 BEM FTP

Foto Yudisium 27 Maret 2014
Maret 27, 2014
Jadwal Ujian Tengah Semester Genap 2013/2014
April 3, 2014

Share and Care 2014 BEM FTP

sharencareBadan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (BEM FTP) menggelar sarasehan bertajuk Share and Care di lobby gedung F FTP UB lantai 1 pada Kamis (27/03/2014).

Dalam sambutannya, Pembantu Dekan III FTP, Dr.Ir. Elok Zubaedah, MP menyampaikan harapannya semoga segala uneg uneg mahasiswa terkait Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat terjawab pada acara ini. Dan seluruh mahasiswa yang hadir dapat mengambil manfaat dari beerbagi pengalaman dengan  para penerima beasiswa sebelumnya.

Pembantu Dekan II FTP, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc juga berkenan memberikan pemaparan tentang SPP, Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan beasiswa.  Dikatakannya, UKT merupakan biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya. Uang kuliah tunggal ditetapkan berdasarkan biaya kuliah tunggal dikurangi biaya yang ditanggung oleh Pemerintah.

Sementara, menurut peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no.55 tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan , biaya kuliah tunggal merupakan keseluruhan biaya operasional per mahasiswa per semester pada program studi di perguruan tinggi negeri; bergantung kepada jenis program studi dan kemahalan wilayah.  Biaya kuliah tunggal digunakan sebagai dasar penetapan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa masyarakat dan Pemerintah.

Sudarminto juga sedikit menjelaskan tentang Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) sesuai PERMENDIKBUD NO. Thn 2013 yang bertujuan untuk mengurangi besaran UKT. Sesuai peraturan DIKTI nomor 15/DIKTI/Kep/2013, 30persen dana BOPTN dipergunakan untuk pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; biaya pemeliharaan pengadaaan; penambahan bahan praktikum/kuliah;  bahan pustaka; penjaminan mutu; pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan; pembiayaan langganan daya dan jasa; pelaksanaan kegiatan penunjang; pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran; honor dosen dan tenaga kependidikan nonpegawai negeri sipil; pengadaan dosen tamu; dan/atau kegiatan lain yang merupakan prioritas dalam renstra perguruan tinggi masing masing.

“Meski demikian dana BOPTN tidak dipergunakan untuk belanja modal dalam bentuk investasi fisik (gedung dan peralatan),” ujarnya.

Selain itu, dipaparkan pula tentang persyaratan untuk mendapatkan keringanan dan penundaan SPP. Yakni fotokopi KTM,  fotokopi SPP semester yang lalu, surat permohonan dari orangtua disertai KTP, KK, Surat keterangan dari RT/RW,  Print-out SIAM, serta Surat keterangan tidak mendapatkan beasiswa dari PD3.

“Saat ini terdapat sekitar 19 jenis beasiswa dengan target mahasiswa berprestasi, mahasiswa dari ekonomi kurang mampu, serta mahasiswa baru. Sistem seleksi dilaksanakan secara online. Segala informasi tentang cara mendaftar, persyaratan yang dibutuhkan, waktu mendaftar dan informasi lainnya dapat diakses melalui situs BAIS/SIAM atau di situs beasiswa.ub.ac.id.” pungkas beliau dihadapan ratusan mahasiswa FTP berbagai angkatan yang hadir.

Sesi terakhir  diisi sharing tips dan trik dari Grace Maria Ulfa (THP 2012) selaku penerima beasiswa CIMB Niaga, Mentari Kinasih (TEP 2011) penerima beasiswa BCA, Rahman Fauzan (TEP 2010) penerima beasiswa I-MHERE, Devi Setyana (TIP 2010) penerima beasiswa BRI, Zamnia Wahyuli (THP 2011) penerima beasiswa Pertamina dan Ayu Yuni Afifa (TIP 2011) penerima beasiswa Djarum.

Para penerima beasiswa tersebut,  mengungkapkan tips mendapatkan beasiswa adalah lakukan riset. Termasuk diantaranya sering melihat informasi di papan pengumuman atau situs beasiswa UB. Kemudian baca persyaratan dan ketentuan dengan jelas. Menyiapkan semua dokumen persyaratan dengan baik sehingga tidak terburu-buru ketika dibutuhkan. Dan yang paling penting adalah, jangan berkecil hati ketika gagal, terus mencoba dan jangan pernah menyerah. Kegiatan tersebut ditutup dengan ice cream party. (dse editing by elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian