Silaturahmi dan Sarasehan KOM FTP

PD III Tengok KKN Mapres di Poncokusumo
Februari 13, 2014
BEM FTP Peduli Kelud
Februari 20, 2014

Silaturahmi dan Sarasehan KOM FTP

kom 2014Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi Orang Tua Mahasiswa angkatan 2013 dan Sarasehan Proses Belajar Mengajar Fakultas Teknologi Pertanian pada Sabtu, (15/02) kemarin di aula FTP lantai dua.

Dihadiri oleh sekitar 300 orang tua mahasiswa se- FTP angkatan 2013, nampak hadir Pembantu Dekan I bidang Akademik, Pembantu Dekan II bidang Administrasi, Keuangan, Kepegawaian, Sarana dan Prasarana, Pembantu Dekan III bidang Kemahasiswaan, Seluruh Ketua Jurusan di lingkungan FTP dan Kepala Tata Usaha beserta jajaran staff kependidian FTP dari bagian  Sub Kemahasiswaan, bagian Sub Akademik dan Sub Bagian Keuangan Kepegawaian.

Dalam sambutannya ketika membuka acara yang dimulai pukul 08.30 sampai 12.00 WIB, Dekan FTP Dr. Ir. Bambang Susilo, M.Sc.Agr. memaparkan proses belajar mengajar yang terjadi di lingkungan FTP, termasuk penjelasan tentang sistem Satuan Kredit Semester (SKS), suatu takaran harga terhadap pengalaman belajar yang diperoleh per semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 1 (satu) jam perkuliahan atau 2 (dua) jam praktikum yang masing-masing diiringi oleh sekitar 1 – 2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1 – 2 jam kegiatan mandiri. Ada juga penjelasan tentang berbagai beasiswa yang ditawarkan FTP bersama UB seperti misalnya Bidikmisi, suatu program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai tetapi kurang mampu secara ekonomi.

Selain itu, dijelaskan juga tentang KRS dan lama studi. Kartu Rencana Studi atau lebih dikenal dengan KRS adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester. Dalam KRS tercantum data mahasiswa (NPM, Nama, Kelas, Fakultas, Jurusan, Jumlah Semester dan Tahun Akademik yang diikuti), Kode Mata Kuliah, Mata Kuliah, SKS dan Kelas yang diikuti. KRS berlaku/sah, jika ada pas foto mahasiswa yang bersangkutan dan cap Universitas.
KRS merupakan bukti seorang  mahasiswa aktif pada semester yang bersangkutan. Pengisian KRS dilakukan oleh setiap mahasiswa secara online di SIAM UB pada setiap awal semester sesuai jadwal tertera.  Jumlah SKS yang dapat diambil di tiap semesternya tergantung dari jumlah IPK pada semester sebelumnya.  Untuk dapat meraih gelar sarjana (S1) mahasiswa harus menempuh 160 SKS dan telah menyelesaikan tugas akhir.

Sesi selanjutnya adalah sambutan dari Ketua Kerukunan Orang Tua Mahasiswa (KOM FTP) Drs. Nur Wachid yang memaparkan tentang rencana adaya  pergantian pengurus KOM FTP. “Kepengurusan saat ini sudah menjabat sejak 1998, atau sejak berdirinya FTP, jadi sudah selayaknya diadakan pergantian kepengurusan.  InsyaAllah dalam waktu dekat kita akan mulai tahapan tahapannya, ditunggu saja.” pungkas Nur Wachid.

Selain sambutan dekan dan ketua KOM, acara silaturahmi dan sarasehan ini juga dimeriahkan oleh penampilan Tari Topeng Malangan oleh LKM Tari serta alunan lagu dari Floppy, band kebanggan FTP yang sering menjuarai berbagai perlombaan di UB dan Jawa Timur. (dse)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian