Silika Berbahan Limbah Karya Mahasiswa FTP

Salut, Mahasiswa FTP UB Sulap Sampah Jadi Bernilai Guna di Kampung Pemulung Malang
Juni 22, 2019
Peramal Milenial ala FTP Mampu Deteksi Kadaluarsa Pangan dalam Hitungan Menit
Juni 23, 2019

Silika Berbahan Limbah Karya Mahasiswa FTP

Abu bagasse atau abu ketel menjadi salah satu limbah yang dihasilkan oleh industri pabrik gula. Jumlah limbah ini sangat melimpah, mengingat Indonesia memiliki total pabrik gula sebanyak 62 unit. Menurut windiastuti (2018) Andaikan seluruh industri di Indonesia pada tahun 2014 memanfaatkan ampas tebu sebagai bahan bakar boiler maka akan dihasilkan abu ketel sebanyak 900 ton dari berat tebu yang diolah. Bahkan secara global abu bagasse yang dihasilkan mencapai 24 juta ton.

Limbah ini pernah menjadi sorotan publik di beberapa wilayah indonesia terkait dengan pencemaran yang ditimbulkan. Disisi lain, limbah ini ternyata memiliki potensi kandungan silika yang sangat melimpah. Menurut penelitian yang dilakukan gupta pada tahun 2000, kandungan silika pada abu bagasse mencapai 61.44%, yang mana harga silika dengan kemurnian 99.8% memiliki harga jual mencapai Rp. 700.000/kg.  Hal tersebut yang melatar belakangi 3 mahasiswa dari fakultas teknologi pertanian yaitu Inggita Revira TEP (2017) sebagai ketua tim dan 2 anggota lainnya yaitu Gigih Widyawantoro TEP (2015) dan Kamsiatun Eka Pratama TEP (2015) menggagas inovasi alat ekstraktor silika dari limbah abu bagasse berbasis teknologi sonikasi sebagai karya dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang lolos pendanaan tahun 2019.

“Alat ini berfungsi untuk mengekstraksi silika dari abu bagasse yang juga dilengkapi dengan sistem otomatisasi serta teknologi sonikasi” Tutur ketua tim yang kerap disapa revi

Dalam karya PKM yang berjudul ACTION ini, teknologi yang diusung memiliki keunggulan yaitu mendukung gerakan zerowaste industri, proses ekstraksi dilakukan secara otomatis dan menerapkan konsep 3R (reduce, reuse dan recycle). (dse)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian