SLURRYCE, Slurry Buah Ice Cream Bertabur Coklat Kacang sebagai Penguat Daya Tahan Tubuh

Foto Yudisium 2 Mei 2014
Mei 2, 2014
FTP Mengajar, Bhakti Pemuda untuk Bangsa
Mei 5, 2014

SLURRYCE, Slurry Buah Ice Cream Bertabur Coklat Kacang sebagai Penguat Daya Tahan Tubuh

SLURRYCEEKini hadir inovasi ice cream dengan keunggulan dapat membantu mempertahankan sistem imun tubuh karya lima sekawan mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan FTP UB; Auliyah Sari Ramdani, Christiana Indriani, Eni Purwanti, Henita Listianing Raji Putri dan  Sutik Rahayu Endah S. Slurryce terbuat dari bahan-bahan alami seperti  wortel, belimbing, jeruk nipis, dan apel yang dapat mempertahankan daya tahan tubuh.

Seperti ice cream lain, Slurryce juga berbahan dasar susu. Susu yang dapat digunakan adalah susu full cream dan susu kental manis. Tetapi jika biasanya berbagai varian yang muncul dalam produk ice cream masih terbatas pada pilihan rasa, bentuk, warna, dan cara penyajian, Slurryce hadir sebagai inovasi ice cream dalam bidang kesehatan. Sebab Slurryce terbuat dari kombinasi susu dan serat-serat buah yang bermanfaat bagi kesehatan.

Quercetin dalam apel dipercaya dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis penyakit degenerative dengan cara mencegah terjadinya proses peroksidasi lemak.  Sementara flavonoid dalam jeruk nipis bertindak sebagai imunomodulator untuk meningkatkan sistem imun dan mendorong pemusnahan sel kanker (apoptosis). Wortel kaya akan zat antioksidan betakaroten yang mampu mencegah radikal bebas menjadi kanker. Dalam belimbing terdapat sifat imunomodulator karena memiliki banyak kandungan utama flavonoid yang dapat mengaktivasi makrofag.

Selain itu, untuk memperkaya rasa, Slurryce juga menggunakan yoghurt sebagai varian.. Yoghurt merupakan salah satu hasil pengolahan pangan fermentasi dengan memanfaatkan bakteri asam laktat. Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi bakteri asam laktat (BAL) golongan Lactobacillus mampu meningkatkan sistem imun seluler dan humoral diantaranya peningkatan populasi dan proliferasi sel limfosit.

Pembuatan Slurryce ini relative mudah. Buah-buahan yang digunakan diblender secara kasar sehingga menjadi bentuk slurry atau seperti serat buah. Kemudian dicampurkan dengan susu dan bahan penstabil hingga rata. Kemudian tambahkan coklat beku, potongan kacang, dan daun mint sebagai topping. Bekukan dalam freezer dan siap dinikmati.

Buah-buahan yang mengandung imunomodulator seperti apel, belimbing, jeruk nipis, wortel, berpadu dengan cokelat, kacang, mint, dan yoghurt merupakan kombinasi yang tepat dalam memanjakan lidah sekaligus membantu mempertahankan sistem imun. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian