SMAN 13 Surabaya Kunjungi FTP

FTP Insipratif: Mawapres Utama FTP Berbagi Langkah-langkah Persiapan Menjadi Mawapres
April 17, 2019
Himalogista Anniversary ke-20: Tingkatkan Kepedulian Sosial dan Persatuan Antar Angkatan
April 18, 2019

SMAN 13 Surabaya Kunjungi FTP

Sejumlah 150 pelajar SMAN 13 Surabaya mengunjungi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya, Senin (15/04/2019). Didampingi 7 guru pendamping, rombongan SMAN 13 Surabaya diterima KTU FTP, Fatchurrahman, SAB.MAB., di Aula FTP lantai II mulai pukul 10.30 WIB.

Dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat datang, Fatchurrahman juga memaparkan profil dan prestasi FTP.  “Selamat datang di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Mungkin dapat dibilang sebagai Fakultas Teknologi Pertanian terbaik di Indonesia. Sebab, selain merupakan FTP dengan student body terbesar di Indonesia, banyak sekali prestasi yang telah kami raih. Diantaranya pada ajang mahasiswa paling presitisius PIMNAS, FTP UB berhasil mencetak hattrict tiga kali berturut turut raih juara umum, ” paparnya.

“FTP sendiri memiliki tiga jurusan yang kesemuanya sudah terakreditas “A” BAN-PT. Bahkan ketiga jurusan kita sudah terakreditasi internasional. Untuk jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) memiliki Program Studi (PS) S1 Ilmu dan Teknologi Pangan, PS S1 Bioteknologi serta PS S2 Teknologi Hasil Pertanian dan PS S3 Ilmu Pangan. Jurusan THP ini telah terakreditasi internasional IFT yang berpusat di Amerika Serikat untuk program strata satunya. Sementara itu pada jurusan Keteknikan Pertanian memiliki PS S1 Teknik Pertanian (TEP), PS S1 Teknik Lingkungan (TL) dan PS S2 Keteknikan Pertanian. Pada jurusan ini juga telah terakreditasi internasional AUN-QA untuk PS S1 TEP.  Sementara jurusan lain yang terdapat di FTP adalah Teknologi Industri Pertanian (TIP) yang memiliki PS S1 TIP, PS S2 TIP dan PS S3 TIP. PS S1 TIP juga telah tersertifikasi internasional AUN-QA. Memang harapan kami kesemua jurusan di FTP UB tidak hanya terakreditasi nasional saja dari BAN PT tapi juga secara internasional sejalan dengan visi untuk menjadi fakultas unggul pada bidang ilmu teknologi pertanian di tingkat internasional,lebih lanjut Fatchurrahman menjelaskan.

Sementara itu, Yudi, SPd, Pimpinan rombongan SMAN 13 Surabaya menjelaskan, “Terimakasih atas sambutan FTP.   Sengaja kami kemari untuk memperkenalkan kehidupan kampus yang berbeda dengan SMA. Dengan mengetahui proses pembelajaran di bangku kuliah secara langsung, kami harap mampu membuka wawasan pelajar kami khususnya yang berkaitan dengan keteknologian pertanian, ” paparnya.

Seusai tanya jawab dan tukar menukar cendera mata, seluruh rombongan SMAN 13 Surabaya diajak field trip melihat berbagai sarana di FTP yaitu Food Production Training Centre (FPTC / THP Bakery), Laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Laboratorium Rekayasa dan Teknologi Pengolahan Pangan, Laboratorium Bioteknologi Industri Pangan, Laboratorium Kimia dan Biokimia serta Laboratorium Ilmu Sensori dan Pangan Terapan yang barusaja diresmikan Rektor UB Minggu (07/04/2019) lalu. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian