SMAN I Taman Kunjungi FTP

Beasiswa Tanoto Foundation
Januari 11, 2016
Kuliah Tamu Prof. Jhy Tong Teng – Taiwan
Januari 23, 2016

SMAN I Taman Kunjungi FTP

_MG_8859Sejumlah 101 pelajar SMAN I Taman Sidoarjo mengunjungi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya, Kamis (21/01/2016). Didampingi 7 guru pendamping, rombongan SMAN I Taman diterima langsung Dekan FTP, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc. di Aula FTP lantai II mulai pukul 12.30 WIB.

Dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat datang, Dr. Sudarminto juga memaparkan profil dan prestasi FTP.  “Selamat datang di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Mungkin dapat dibilang sebagai Fakultas Teknologi Pertanian terbaik di Indonesia. Sebab, selain merupakan FTP dengan student body terbesar di Indonesia, banyak sekali prestasi yang telah kami raih. Diantaranya pada ajang mahasiswa paling presitisius PIMNAS ke-28 yang baru berlangsung September 2015 lalu, FTP berhasil meraih 5 emas, atau menyumbang separuh dari 10 emas raihan UB sebagai juara umum. Bandingkan dengan juara kedua, UGM yang hanya meraih 4 emas. Selain di PIMNAS, pada OSN Pertamina lalu tim UB berhasil mengirimkan 2 tim yang kebetulan keduanya dari FTP dan semuanya juga meraih juara. Tidak hanya dalam hal penalaran, dalam bidang olahraga, atlet menembak kita juga berhasil menjuarai berbagai kejuaraan hingga ke level provinsi. Selain itu dalam bidang seni, FTP memiliki FLOPI BAND yang langganan juara. Bahkan FLOPI BAND FTP berhasil menjadi Band Ambassador Yamaha Jawa Timur selama 2015 lalu, ” paparnya.

“FTP sendiri memiliki tiga jurusan yang kesemuanya sudah terakreditas “A” BAN-PT. Bahkan dua dari ketiga jurusan kita sudah terakreditasi internasional. Untuk jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) memiliki Program Studi (PS) S1 Ilmu dan Teknologi Pangan, PS S1 Bioteknologi serta PS S2 Teknologi Hasil Pertanian. Jurusan THP ini telah terakreditasi internasional IFT yang berpusat di Amerika Serikat untuk program strata satunya. Sementara itu pada jurusan Keteknikan Pertanian memiliki PS S1 Keteknikan Pertanian (TEP), PS S1 Teknik Lingkungan (TL) dan PS S2 Keteknikan Pertanian. Pada jurusan ini juga telah terakreditasi internasional AUN-QA untuk PS S1 TEP.  Sementara jurusan lain yang terdapat di FTP adalah Teknologi Industri Pertanian (TIP) yang memiliki PS S1 TIP, PS S2 TIP dan PS S3 TIP. Tahun ini PS S1 TIP sedang mengajukan akreditasi internasionalnya. Memang harapan kami kesemua jurusan di FTP UB tidak hanya terakreditasi nasional saja dari BAN PT tapi juga secara internasional sejalan dengan visi untuk menjadi fakultas unggul pada bidang ilmu teknologi pertanian di tingkat internasional,lebih lanjut Dr. Sudarminto menjelaskan. 

Sementara itu, Dra. Endang Listyoningsih, Wakil Kepala SMAN I Taman bidang Kehumasan menjelaskan, “Terimakasih atas sambutan FTP. Kebetulan kami telah selesai materi pelajaran bulan Januari lalu untuk kemudian ujian sekolah April mendatang dilanjutkan dengan Ujian Nasional. Jadi saat saat  ini merupakan saat anak anak didik kami memilih kelanjutan studinya.  Sengaja kami kemari untuk memperkenalkan kehidupan kampus yang berbeda dengan SMA. Dengan mengetahui proses pembelajaran di bangku kuliah secara langsung, kami harap mampu membuka wawasan pelajar kami khususnya yang berkaitan dengan keteknologian pertanian, ” paparnya.

Seusai tanya jawab dan tukar menukar cendera mata, seluruh rombongan SMAN I Taman Sidoarjo diajak field trip melihat berbagai sarana di FTP yaitu Food Production Training Centre (FPTC / THP Bakery), Laboratorium Daya dan Mesin Pertanian, Laboratorium Teknik Proses Pengolahan Hasil Pertanian, Laboratorium Bio Industri, Laboratorium Teknologi Agrokimia, Laboratorium Kimia dan Biokimia serta Laboratorium Mikrobiologi pangan dan Hasil Pertanian. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian