SMART WERKUDARA, Web Pintar Permudah Calon Pendonor Darah

CANTIK TAU , Solusi Cantik Masalah Rambut Karya Mahasiswa THP
Mei 24, 2016
Jadwal UAS Genap 2015/2016
Mei 26, 2016

SMART WERKUDARA, Web Pintar Permudah Calon Pendonor Darah

Donor darah merupakan suatu kegiatan yang sering terlupakan karena padatnya kesibukan dan aktivitas sehari-hari. Bahkan, donor darah menjadi momok bagi sebagian orang karena takut akan jarum suntik, darah, maupun lainnya. Padahal jika kita mengetahui, begitu banyak di luar sana yang membutuhkan setetes darah kita untuk menyambung hidupnya. Donor darah masih menjadi suatu kegiatan yang sering terbaikan dan jarang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Blitar merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki penduduk dengan minat donor darah yang rendah. Rendahnya minat masyarakat untuk donor darah ini dibuktikan dengan masih terjadinya kekurangan stok darah pada PMI Kota Blitar di setiap tahunnya, terutama pada bulan Ramadan. Rendah minat masyarakat Kota Blitar untuk donor darah dikarenakan beberapa hal diantaranya adalah perasaan takut, padatnya kegiatan yang dilakukan dan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan. Perasaan takut untuk donor darah pada umumnya disebabkan karena kurangnya edukasi mengenai  pentingnya donor darah, baik bagi kesehatan maupun untuk kemusiaan.

smart werkudaraPermasalahan kekurangan stok darah di PMI Kota Blitar, mendorong lima mahasiswa Universitas Brawijaya untuk menciptakan sebuah teknologi SMART WERKUDARA sebagai solusi atas permasalah yang ada. SMART WERKUDARA merupakan sebuah web informasi dan edukasi donor darah yang dikembangkan oleh Hanun Ari Wulandari, Ina Nur Anisa, Mohammad Ramdan, Oddy South Lolo Toding dari Fakultas Teknologi Pertanian dengan bekerjasama dengan Ardina Fitri Haryono dari Fakultas Ilmu Komukasi Universitas Brawijaya. SMART WERKUDARA merupakan suatu web yang dapat mempermudah para pendonor untuk mendapatkan informasi mengenai donor darah dan mempermudah para calon pendonor untuk mendaftar donor darah secara online.

SMART WERKUDARA merupakan web yang berbeda dengan web lainnya. SMART WERKUDARA memiliki tiga fitur utama, yaitu fitur Ayo Buat Janji, edukasi “One Click” dan Aktif Donor. Fitur Ayo Buat Janji merupakan fitur yang dapat mempermudah para calon pendonor untuk melakukan pendaftaran donor darah secara online, sehingga dapat mempercepat proses administrasi saat datang ke PMI. Dengan membuat janji secara online, calon pendonor dapat mengetahui syarat-syarat dan tata cara donor darah. Selain itu, calon pendonor dapat mengetahui tempat-tempat PMI melakukan aksi jemput bola sehingga dapat melakukan donor darah di tempat yang terdekat dengan lokasi calon pendonor.

Selain fitur Ayo Buat Janji, terdapat fitur Edukasi “One Click. Fitur edukasi “One Click” merupakan fitur yang dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi dan edukasi mengenai donor darah. Berbagai informasi disajikan untuk memberikan edukasi kepada masyaarakat, diantaranya yaitu tentang darah, fakta darah, kisah inspiratif, update stok darah, dan lain sebagainya.         Calon pendonor dan pendonor aktif di Kota Blitar juga dapat menikmati fasilitas fitur Aktif Donor. Fitur ini ditujukan untuk calon pendonor dan pendonor aktif agar melakukan donor darah setiap 75 hari sekali. Dengan fitur Aktif donor ini PMI dapat melakukan pendataan pendonor secara online. Melalui fitur ini pula para pendonor maupun penerima donor dapat berkontribusi dalam pengisian kisah inspiratif untuk mendorong masyarakat melakukan donor darah.

Berbagai fitur SMART WERKUDARA yang dapat memberikan edukasi mengenai pentingnya donor darah. Sistem ini juga mempermudah para pendonor untuk melakukan donor darah. Tim berharap kedepan sistem ini dapat membantu PMI Kota Blitar dalam memenuhi permintaan kantong darah serta meminimalisir kemungkinan kekurangan stok darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian