Sosialisasi Akademik FTP

FLOTUS FEST 2014
September 14, 2014
International Research Seminar “Nutritional of Food Compound and Food Safety”
September 19, 2014

Sosialisasi Akademik FTP

AKAD_1Fakultas Teknologi Pertanian menyelenggarakan Sosialisasi Akademik di Aula FTP lantai 2, Minggu (14/09/2014).  Acara yang diikuti seluruh mahasiswa FTP angkatan 2014 dari berbagai jurusan ini dibuka oleh Kepala Tata Usaha FTP, Drs Fatchur Rahman, MAB dengan moderator Kepala Sub. Bagian Akademik FTP, Drs. Eko Mei Sunarso.  Dalam sambutannya Drs. Fatchur Rahman mengatakan pentingnya mengikuti acara ini agar lebih mudah beradaptasi dengan proses pembelajaran perkuliahan sehingga dapat lulus tepat waktu dengan IPK memuaskan.

AKAD_3“Terdapat beberapa perbedaan pola pembelajaran di tingkat SMA dan di bangku kuliah. Jadi supaya tidak kaget, sebaiknya benar benar memperhatikan materi yang disampaikan nanti. Diantaranya ada beberapa penjelasan tentang sistem Satuan Kredit Semester (SKS), Dosen Pembimbing serta Sistem Akademik di Fakultas Teknologi Pertanian,” jelasnya

AKAD_2Materi pertama yang disampaikan oleh Endang Suprihatini, Staff Akademik FTP UB menjelaskan tentang jadwal kuliah dan etika mahasiswa. “Jangan sampai salah membaca jadwal, karena akan merugikan saudara sendiri. Mohon perhatikan kelas kode mata kuliah, kode dosen, ruang dan waktu. Sebaiknya setiap mahasiswa membaca dan mempunyai catatan sendiri, jangan mengandalkan teman sebab belum tentu memiliki kode dosen atau kelas yang sama meski mengambil mata kuliah sejenis,” tuturnya. “Jika sakit, lampirkan surat keterangan dokter untuk keperluan apapun. Baik untuk kelengkapan mengikuti ujian susulan, permohonan izin tidak mengikuti kuliah dan lain sebaginya. Jangan lupa surat sakit itu harus disampaikan sendiri ke bagian akademik, jangan dititipkan teman untuk meminimalisir kemungkinan hilang, ” tambahnya lebih lanjut. Diakhir materi Endang juga berpesan pada mahasiswa untuk selalu rajin membaca,” Rajinlah membaca. Bacalah apa saja dan dimana saja, buku pengetahuan, literatur, di perpustakaan, di internet, atau pengumuman yang di tempel di area kampus. Sebab banyak sekali informasi dan pengumuman penting yang kami tempel, baik itu yang berkenaan dengan informasi akademik, kegiatan fakultas, kemahasiswaan ataupun beasiswa. Jadi selalu buka mata dan telinga, rajin rajinlah membaca,” pungkasnya.

akad_4Sesi kedua dibawakan oleh Eko Yuli Purwanto yang menjelaskan materi tentang Sistem Informasi Akademik (SIAM) dan Evaluasi Studi.  “Layanan SIAM merupakan teknologi informasi berbasis web yang menyediakan layanan mahasiswa terkait dengan akademik (KRS, KHS, Jadwal), keuangan (info registrasi atau pembayaran kuliah mahasiswa), biodata mahasiswa serta aplikasi wisuda.  Jadi segala pelayanan mahasiswa dapat diakses secara mandiri melalui SIAM setelah memasukkkan NIM dan password masing masing, Biasanya ada beberapa masalah yang mungkin timbul dalam pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) seperti misalnya tidak dapat menambahkan kelas mata kuliah karena bersinggungan dengan jadwal kuliah yang telah diprogram sebelumnya. Selain itu pendaftar dapat juga ditolak bila kapasitas peserta kelas telah mencapai jumlah maksimum, tidak lulus mata kuliah prasyarat atau bahkan belum menempuh,” jelasnya.  “Sehubungan hal tersebut ada Kartu Perubahan Rencana Studi (KPRS) . KPRS merupakan kegiatan perubahan KRS yang telah dikonsultasikan dengan dosen Pembimbing Akademik (PA). Kegiatan KPRS ini bisa untuk menambah, menghapus atau mengganti mata kuliah. KPRS dilaksanakan satu minggu setelah perkuliahan dimulai,” paparnya lebih lanjut.

Sebanyak 675 mahasiswa tampak serius menyimak penjelasan pemateri dari awal sampai akhir, terutama pembahasan mengenai evaluasi studi. Evaluasi keberhasilan studi mahasiswa dilaksanakan setiap akhir tahun pertama, kedua, ketiga, keempat dan akhir studi. Tolak ukur evaluasi studi meliputi IPK, SKS dan masa studi. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian