Sosialisasi Perpustakaan dan BKPA FTP

PENGUMUMAN UAS GANJIL 2017/2018
September 26, 2017
Guru Besar THP Berikan Kuliah Tamu di Kendari
September 28, 2017

Sosialisasi Perpustakaan dan BKPA FTP

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya melaksanakan sosialisasi Perpustakaan serta Badan Konseling dan Pertimbangan Akademik (BKPA), Sabtu (23/09/2017) di Aula FTP lantai 2. Menghadirkan narasumber Daimul Khoir, Ika Atsari Dewi, STP.MP., Sophan Hariyanto, SAB dan Dani Prasnanto, S.Kom,  acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diikuti oleh 643 mahasiswa FTP angkatan 2017.

Dalam paparannya, Daimul Khoir menjelaskan tentang layanan Perpustakaan Universitas Brawijaya. “Universitas Brawijaya merupakan salah satu layanan UB yang berdiri sejak 23 September 1963. Saat ini Perpustaan UB juga telah melanggan berbagai jurnal , baik nasional maupun internasional yang dapat dimanfaat mahasiswa. Selain itu kami juga menyediakan ribuan bahan pustaka dalam bentuk buku, diktat, CD Rom, maupun koleksi audio visual seperti mikrofilm, mikrofis, kaset audio, kaset video, dan disk. Guna kenyamanan pengguna, perpustakaan UB juga dapat diakses secara online. Adik adik hanya tinggal berkunjung ke lib.ub.ac.id dan silahkan menikmati layanan kami dari Perpustakaan Universitas Brawijaya,” demikian dipaparkan Koordinator Subbid. Pengolahan Serial dan Perawatan Koleksi Perpustakaan Universitas Brawijaya ini.

Materi selanjutnya tentang BKPA disampaikan oleh Ika Atsari Dewi, STP.MP. “BKPA merupakan unit layanan yang memberikan jasa konsultasi psikologis, kesehatan mental, dan pengembangan sikap dan kepribadian kepada mahasiswa teknologi pertanian sehingga tercipta suasana akademik yang kondusif. Selain menyelenggarakan proses konseling, kami juga memfasilitasi pengentasan masalah akademik mahasiswa yang mengacu kepada kehidupan sehari-hari dengan efektif. Jadi misalnya adik adik bingung ingin curhat, baru putus, lagi baper atau bingung dengan masalah pribadi lainnya, datang saja ke BKPA. Kami memiliki para psikolog yang inshaAllah akan berusaha bersama sama mencari solusi terbaik untuk masalah adik adik sehingga tidak sampai mengganggu kegiatan akademis,” papar Ketua BKPA FTP ini dihadapan 643 mahasiswa yang hadir.

Sesi terakhir yang merupakan pemaparan sistem perkuliahan dan informasi akademik disampaikan oleh Sophan Hariyanto, SAB dan Dani Prasnanto, S.Kom. dari Sub. Bag. Akademik FTP. Dalam paparannya, Sophan Hariyanto, SAB menjelaskan bahwa Universitas Brawijaya secara formal telah menganut Sistem Kredit Semester (SKS) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 22/SK/1976 tanggal 3 Mei 1976. Satu semester setara dengan 16 – 19 minggu kerja dalam arti minggu perkuliahan efektif termasuk ujian akhir, atau sebanyak-banyaknya 22 minggu kerja termasuk waktu evaluasi ulang dan minggu tenang. Kegiatan penilaian kemampuan akademik suatu matakuliah dilakukan melalui tugas terstruktur, kuis, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan penilaian kegiatan praktikum. Sementara itu Dani Prasnanto, S.Kom. menjelaskan bahwa terdapat beberapa sistem informasi akademik yang diantaranya adalah SIAKAD, SIAM dan SIDARA. SIAKAD merupakan Sistem Informasi Akademik Universitas Brawijaya yang didalamnya mencakup beberapa sistem seperti SIAM, SIMPEL, SIUDA serta SIREGI. Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM), merupakan layanan akademik yang digunakan mahasiswa dalam mengakses informasi seputar catatan akademik selama proses perkuliahan, baik berupa info biodata, KRS, KHS, jadwal kuliah, serta neraca keuangan per registrasi. SIDARA adalah Sistem Daftar Ulang yang digunakan oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian pada saat melakukan proses her-registrasi. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian