Sosialisasi Google Scholar

ESP FTP Hadirkan Open Debate Tournament se Jawa – Bali
Agustus 14, 2017
FTP Siap Jadikan Malang Silicon Valley of Indonesia
Agustus 16, 2017

Sosialisasi Google Scholar

Fakultas Teknologi Pertanian menyelenggarakan sosialisasi Google Scholar di Aula FTP lantai 2, Senin (14/08/2017). Menghadirkan Oyong Novareza, ST., MT., Ph.D., dan Dr. Ir. Marjuki, MSc. kegiatan ini diikuti sekitar 50 dosen berbagai jurusan di FTP.

Dalam paparannya, Oyong Novareza, ST., MT., Ph.D. menjelaskan bahwa google scholar merupakan salah satu layanan Google yang memberikan kemudahaan bagi pengguna untuk melakukan pencarian literatur dan publikasi ilmiah. “Kita bersyukur saat ini layanan Sistem Informasi UB telah bertransformasi menjadi GAPURA UB yang menggunakan Single Sign-on (SSO) dan berkolaborasi dengan Gsuite. SSO akan memungkinkan pengguna agar dapat mengakses sumber daya atau berbagai aplikasi dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja sehingga lebih mudah, efisien, aman dan terintegrasi. Sementara Gsuite adalah paket layanan berbasis teknologi “cloud” dari Google yang menyediakan cara yang sepenuhnya baru untuk berkolaborasi secara online, tidak hanya menggunakan email dan chat, namun melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen secara “real time”, dan masih banyak lagi.  Manfaat yang diperoleh dengan adanya Gsuite ini diantaranya adalah mampu membuat keputusan lebih cepat dengan bertatap muka, kolaborasi real-time, kemampuan enyimpan dan membagikan file di cloud serta mengamankan data dan perangkat masing masing pengguna. Selain email, layanan sistem informasi GAPURA juga melingkupi Simpel, SIAS, SIPP, Remun, SELMA UB dan lain sebagainya. Sementara itu salah satu layanan yang juga terintregasi dengan Gsuite adalah Google Scholar atau kadang juga disebut Google Cendekia yang sangat bermanfaat bagi para akademisi untuk sitasi atau melakukan pencarian literatur dan publikasi ilmiah. Google scholar juga merupakan salah satu kriteria pemeringkatan Webometrics dibidang openess dan excellence hingga dengan demikian, tentu juga akan berkorelasi untuk menaikkan peringkat UB yang secara ini merupakan rangking 4 se-Indonesia. ” demikian dipaparkan dosen Teknik Industri UB ini.

Sementara itu Dr. Ir. Marjuki, MSc. dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya menjelaskan,”Bagi dosen, Google Scholar harus dimanfaatkan dengan baik untuk mempublikasikan karya ilmiah yang berupa jurnal, prosiding, maupun buku. Dengan publikasikan karya ilmiah melalui Google Scholar seorang dosen akan dikenal kepakarannya hingga dirujuk karya-karyanya oleh peneliti yang lain. Secara tidak langsung kondisi ini akan menaikkan peringkat Webometric, khususnya pada kriteria openness dan excellence. Google Scholar memiliki fasilitas untuk menghitung Citation Index yang meliputi perhitungan jumlah sitasi , h-index  serta i10 index dari sitasi pada karya penulis. Sehingga Google Scholar memberikan cara yang mudah bagi peneliti atau penulis untuk melacak kutipan atas artikel yang dibuat. Peneliti dapat memeriksa siapa yang mengutip  publikasinya, membuat grafik kutipan dari waktu kewaktu, serta menghitung metrik kutipan. h-index yang didasarkan pada jumlah karya ilmiah yang dihasilkan oleh serorang dosen atau peneliti serta jumlah sitasi atau kutipan yang didapat dari publikasi lain merupakan indeks atau parameter yang digunakan untuk mengukur produktivitas maupun dampak dari karya yang diterbitkan seorang akademisi atau peneliti.  Adapun cara untuk mendapatkan layanan google scholar ini sebenarnya sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengetikkan alamat scholar.google.com pada browser dan kemudian memilih menu “my citation”. Jika Bapak/Ibu dosen ada yang belum memiliki akun disana, cukup pilih menu “create account” dan ikuti langkah langkanh yang tersedia. Jangan lupa untuk selalu menggunakan nama institusi lengkap dan baku dalam publikasi ilmiah. Mari bersama sama berkomitmen untuk menaikkan peringkat  webometrics UB ” paparnya. (dse)

[metaslider id=14377]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian