Sosialisasi PKM 2016

Yudisium Februari 2016
Maret 2, 2016
Daftar Hadir Mahasiswa Pekuliahan Semester Genap 2015-2016
Maret 4, 2016

Sosialisasi PKM 2016

_MG_7988Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya menyelenggarakan sosialisasi PKM 2016 di ruang F.4-1 FTP , Rabu (02/03/2016). Acara yang dikhususkan bagi para mahasiswa penulis PKM lolos pendanaan DIKTI 2016 ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan, Yusuf Hendrawan, STP. M.App.Life Sc. Ph.D. mulai pukul 13.00 WIB dengan menghadirkan narasumber dosen FTP, Yusron Sugiarto, STP. M.Sc dan salah satu juri nasional PIMNAS, Dr. Ir. Anang Lastriyanto, M.Si.

Dalam sambutannya, Wadek III berpesan, ” Saya sangat bangga pada adik adik semua. Secara presentasi jumlah PKM yang lolos pendanaan DIKTI mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bahkan kita melebihi fakultas lain. Ada beberapa fakultas yang mengupload PKM sampai ratusan proposal namun hanya tembus belasan. Tapi kita yang mengirimkan hanya sekitar 152 bisa lolos sampai 62 proposal. Lagi lagi terbanyak di UB. Tentu saja saya sangat bangga akan hal itu. Tapi saya ingatkan juga pada adik adik semua untuk tidak terlena. Sebab awal perjuangan baru saja dimulai. Masih ada jalan panjang di hadapan adik adik semua yang harus di tempuh untuk menuju kesuksesan. Jangan lantas bersantai tapi segera tindak lanjuti, pikirkan step selanjutnya dengan seksama. Kemudian segera laksanakan rencana itu sesuai site plan. Pesan saya, terus berusaha yang terbaik, jangan pantang menyerah, jaga kekompakan bersama tim,” pesannya dihadapan 62 peserta sosialisasi.

Sementara itu Yusron Sugiarto, STP.M.Sc. yang selalu sukses mengantarkan bimbingannya meraih emas PIMNAS mengatakan pentingkan publikasi dan dokumentasi. “Semua penelitian itu baik dan kreatif. Tetapi terkadang mahasiswa lupa dokumentasi. Jadi jangan lupa mengisi log book, lengkapi dengan keterangan dan foto yang menunjang. Ini sangat berguna di monev sekaligus juga menunjukkan keseriusan dan progress adik adik. Yang tak kalah pentingnya juga adalah peranan publikasi. Blow up semaksimal mungkin karya atau inovasi adik adik. Gandeng media dan sebarkan kemana saja seluas mungkin. Terlebih saat ini banyak sekali jenis media sosial, jangan hanya digunakan untuk selfie saja. Juga media massa, akan lebih baik kalo bisa merangkul media nasional atau internasional. Banyak dosen FTP yang telah berhasil memuat karyanya di berbagai jurnal internasional. Dekati, pelajari, cari tau, cari peluang, cari caranya,” pesan alumnus King Mongkut’s University of Technology Thonburi – Thailand ini.

Pada pemaparan selanjutnya, Dr. Anang menjelaskan kiat sukses tembus PIMNAS. ” Jangan lupakan format baru tentang jenis huruf, spasi, ukuran kertas, dan margin kiri kanan dalam penulisan proposal PKM. Kadang, hal hal semacam ini dianggap hal remeh yang lalu dilupakan, padahal itu merupakan ketentuan penulisan. Selain konten, jangan lupakan tertib administrasi , kesesuaian program yang diajukan dengan bidang PKM yang dipilih dan tingkat  kreativitas  proposal. Hindari  pengulangan  topik serta perhatikan  bobot  tantangan intelektual, ” pungkas Dr Anang yang merupakan juri nasional PIMNAS sekaligus peraih Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa 2014. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian