Sosialisasi RIP dan Seleksi Proposal Penelitian Pengmas FTP 2012

Sosialisasi RIP dan Seleksi Proposal Penelitian&Pengmas BP3M
Mei 25, 2012
Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Jalur Seleksi Alih Program (SAP) Tahun Akademik Semester Ganjil 2012/2013
Mei 29, 2012

Sosialisasi RIP dan Seleksi Proposal Penelitian Pengmas FTP 2012

Semangat melakukan peneliltian para dosen sebagai peneliti diharapkan tetap besar meskipun dengan keterbatasan dana. Dengan demikian diharapkan dapat merubah paradigma dari Teaching University atau pusat pendidikan saja, melainkan bergeser menjadi Research University atau pusat  penelitian dan pusat informasi ilmiah serta pengembangan ilmu pengetahuan, sehingga visi dan misi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya tercapai. Demikian disampaikan DekanFTP UB, Dr. Ir. Bambang Susilo, M. Sc. Agr , pada Sosialisasi Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Seleksi Ilmiah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian Tahun Anggaran 2012, Senin (28/5) pagi.

Dalam sambutannya lebih lanjut dikatakan, dosen sebagai peneliti harus dapat merubah mindset bahwa perolehan dana penelitian tidak sama dengan dengan menerima proyek besar. Dimana orentasi peruntukkanya jelas, yakni hanya difokuskan murni seluas-luasnya bagi kegiatan penelitian. Sehingga, imbuhnya,  ketika mendapat dana penelitian yang relative kecil, tidak akan mempengaruhi semangat dosen untuk melakukan penelitian dan menghasilkan karya inovatif.

“Gunakan dengan maksimal fasilitas dan dana yang ada meskipun minim dan mari terus melakukan perubahan dan perbaikan, dimulai dari diri sendiri tanpa menyalahkan pihak lain,” pesannya memotivasi para dosen FTP.

Kemudian diungkapkannya, sebaiknya segera dicari basecore penelitian dosen FTP sebagai ciri khas. Jika di Intitut Pertanian Bogor pada tahun terakhir focus penelitiannya pada beras tiruan atau beras analog, dosen FTP dapat memilih konsentrasi penelitian kepada bidang non pangan.

Dikatakan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UB, Prof. Dr. Ir. Siti Chuzaemi, MS, FTP acapkali menduduki peringkat atas jumlah proposal penelitian yang masuk di LPPM UB dan dosen FTP seringkali memenangkan kompetisi dana hibah penelitian. Hal ini mengindikasikan keaktifan dosen FTP sebagai peneliti.

Sosialisasi Rencana Induk Penelitian UB dilakukan untuk memberikan arahan dan koridor yang jelas bagi para dosen yang akan melakukan penelitian menggunakan dana hibah kompetitif yang disediakan Dikti maupun intitusi lain.

Kegiatan seminar yang berlangsung 28-29 Mei ini merupakan program kerja Badan Peertimbangan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BP3M) FTP. Ketua pelaksana, Mochamad Bagus Hermanto, STP. M. Eng melaporkan, sebanyak 24 proposal penelitian dosen yang masuk dan 21 proposal pengabdian masyarakat (pengmas). Sedangkan 19 proposal penelitian dan 18 proposal kegiatan pengmas dinyatakan lolos desk evaluation dan berhak mengikuti oral presenatation atau seleksi reviewer untuk mendapatkan dana hibah penelitian dari fakultas.

“Selama dua hari akan dipaparkan proposal penelitian dan pengmas yang lolos desk evaluation. Dari jurusan THP proposal penelitian sebanyak 8 proposal penelitian dan 8 proposal pengmas, Jurusan TEP sebanyak 7 proposal penelitian dan 8 propsal pengmas. Sedangkan dari Jurusan TIP sebanyak 4 proposal penelitian dan 4 proposal pengmas,” papar Bagus.

Sementara, Ketua BP3M FTP, Dr. Ir. Bambang Rahadi Widiatmono, MS mengungkapkan harapannya BP3M dapat merealisasikan kegiatan pelatihan dan seminar ilmiah tingkat Nasional maupun Internasional. Dan lebih memfokuskan pada perbaikan pengelolaan laboratorium sehingga FTP dapat lebih dikenal perwajahannya melalui publikasi ilmiah, penelitian dan sebagai pusat pelatihan.[elr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian