Sushi-Te (Sushi Telo), Sushi untuk Pelaku Diet Karya Mahasiswa THP

Youghurt Aromateraphi Karya Mahasiswa THP
Mei 6, 2013
Angkat Pangan Lokal, Mahasiswa FTP Buat Three-C
Mei 6, 2013

Sushi-Te (Sushi Telo), Sushi untuk Pelaku Diet Karya Mahasiswa THP

Sushi adalah makanan asal jepang yang digemari semua kalangan di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Pada umumnya sushi menggunakan bahan baku beras yang dicampur dengan ketan.
Namun untuk produk kali ini mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas – UB menggunakan modifikasi ubi ungu sebagai bahan tambahan untuk beras dan ketan. Produk yang dinamakan Sushi-Te merupakan kepanjangan dari Sushi Telo atau sushi yang berasal dari telo nama lain dari ubi ungu.
Sushi-Te ini merupakan hasil kreativitas dari 4 mahasiswa yang menjalankan mata kuliah Praktikum Kewirausahaan Pangan dibawah bimbingan Jaya Mahar Maligan, STP, MP dan Indria Purwantiningrum STP, M.Si. Antara lain, Muhammad Nur Sigit H, Prasetyo Sonny, Nimas Ratu K. D dan Harni Ayu Sari. Ditangan ke 4 mahasiswa ini ubi jalar ungu dapat diolah menjadi makanan internasional dengan cita rasa lokal, dan harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa. Tak heran bila produk Sushi-Te ini telah meraih juara 1 dalam lomba polo pendem, pada dies natalis FTP ke-15
Ide ini bermula dari ke 4 mahasiswa yang sangat gemar mengonsumsi sushi, namun sushi yang di jual di pasaran memiliki harga yang mahal, sehingga sigit dan kawan-kawan mulai mencari cara bagaimana membuat sushi yang disukai masyarakat tapi dengan harga yang murah.
Ssempat terfikir membuat sushi singkong, namun singkong susah didapatkan dan memiliki tekstur yang agak keras ketika dikukus, sehingga dipilih lah ubi jalar ungu. Karena lebih mudah didapatkan dan memberi kesan yang berbeda dengan sushi yang sudah ada, sebab sushi ubi jalar ungu memiliki warna ungu sehingga dapat menarik perhartian orang-orang untuk membeli.
Selain itu, ubi ungu merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Kandungan lain dari ubi ungu adalah protein, lemak, pro-vitamin A, vitamin C, vitamin B1, riboflavin, dan sedangkan mineral dalam ubi ini di antaranya mengandung zat besi dan kalsium.
Ubi ungu juga mengandung serat dan antioksidan berupa antosianin yang baik untuk tubuh seperti baik untuk pencernaan, menangkal radikal bebas, baik untuk penderita obesitas, dan selain itu sushi ini baik dikonsumsi bagi orang yang sedang diet sebab mengandung serat yang baik untuk tubuh dan pencernaan.
Untuk sementara, Sushi-Te bisa dinikmati dengan berbagai isian yakni telur, sosis, nugget. Harga dari Sushi-Te per kemasan yakni Rp 5.000/ 4 biji. Perlu diketahui bahwa. Apabila anda ingin mencoba produk sushi-te kami langsung saja order dengan menghubungi 085692534848, atau melalui twitter di @tesushite dan facebook sushi-te. [Jmm/Elr]
sushite

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian