Tabligh Akbar FORKITA 2015

Kuliah Umum BATAN, Standarisasi Pangan Olahan Siap Saji dengan Teknik Radiasi
Oktober 23, 2015
CARE HIMATETA Tanam 100 BIOPORI di PLTU Pacitan
November 24, 2015

Tabligh Akbar FORKITA 2015

Forum Kajian Islam Teknologi Pertanian (FORKITA) menggelar Tabligh Akbar bertema ‘Pengaplikasian Alquran dalam Sains dan Teknologi’ selama tiga hari berturut turut, Jumat – Minggu (06-08/11/2015). Rangkaian acara event tahunan FORKITA ini meliputi Pameran Poster, Halal Care, Donor Darah, Pelatihan Sholat dan Dialog Islami.

Pameran Poster, Halal Care dan Donor Darah.

forkita posterBertempat di lobi Fakultas Teknologi Pertanian, FORKITA menggelar serangkaian acara sebagai pembuka Tabligh Akbar 2015.  Pada Pameran Poster yang dihelat di Lobi Utara, sekitar 101 poster Islami dipamerkan untuk umum. Dipaparkan ketua panitia, Andi Anggara (TEP 2014), 50 poster yang dipamerkan merupakan karya mahasiswa bertema urgensi Alquran yang dilombakan dengan sistem voting. Selain itu 51 poster dakwah Islami sisanya merupakan karya Muslim Design Community. Suatu komunitas pemuda muslim Malang Raya yang aktif dibidang design komunikasi visual dan seni rupa dua dimensi.

forkita halal careSelain itu, pada hari yang sama FORKITA juga menggelar Halal Care mulai pukul 08.00 WIB. Acara ini merupakan bagi bagi stiker dan brosur tentang kehalalan pangan. “Saat ini masyarakat terutama kaum muda cenderung kurang memperhatikan sisi kehalalan produk pangan. Padahal kita merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Untuk itulah kami gelar acara ini untuk mengedukasi masyarakat, terutama mahasiswa agar lebih concern halal food. How to know them, how to care, how to choose pangan halal yang mereka konsumsi. Harapan kami jika konsumen mulai concern, kedepan pihak produsen juga akan makin memperhatikan kehalalan produksinya, ” papar Andi seraya menjelaskan bahwa panitia telah mempersiapkan 300 brosur dan 300 stiker untuk dibagikan.

forkita donor darahDihari yang sama panitia juga menggelar donor darah di lobi selatan FTP mulai pukul 13.00 WIB bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Malang. Sampai dengan acara berakhir sekitar pukul 16.00 WIB panitia berhasil mengumpulkan 18 kantong. Dipaparkan salah satu panitia, Gandung Orie Indrawan (TIP 2014) ,”Sebenarnya animo pengunjung sangat membludak, hanya saja banyak yang tidak lolos seleksi PMI hingga tidak bisa donor. Misalnya berat badan minimal, tekanan darah, denyut nadi maupun suhu badan. Sehingga akhirnya selama 3 jam kita buka lapak, hanya terkumpul sekitar 18 kantong. Tetapi semoga jumlah darah yang kita kumpulkan hari ini mampu meringankan beban penderita,” tuturnya.

Pelatihan Sholat Khusyu

forkita pelatihan sholatForkita menggelar Pelatihan Sholat Khusyu di Aula FTP lantai 2 , Sabtu (07/11/2015) mulai pukul 09.00 WIB. Menghadirkan pemateri Ustadz Sukanan Ash-Shiddiq, S.Ag., acara yang diikuti 100 mahasiswa ini mengajarkan tata cara gerakan sholat yang benar. ” Sejatinya semua itu bermula dari mindset. Jika kita beranggapan sholat khusyu sulit, maka akan sulitlah. Padahal sebenarnya jika mampu memahami inti dari setiap gerakan dan bacaannya, mencapai sholat khusyu bukanlah hal yang mustahil. Pahami setiap lafas dan makna ayat ayat yang dibaca dari mulai niat sampai salam. Hayati, selaraskan ucapan dan gerakan. Pengucapan juga benar benar bukan di bibir semata tapi juga harus dari hati.  Gerakan juga jangan dikurangi atau berlebihan. Harus sesuai seperti sunnah nabi. Sebab sholat adalah media kita bertemu langsung dengan Rabb-nya, tidak boleh serampangan,  ” ujar ustadz Sukanan yang merupakan trainer Sholat Khusu’ Jawa Timur seraya mencontohkan gerakan gerakan shalat.

Dialog Islami

forkita gus wahidFORKITA menggelar dialog Islami bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Malang, KH. Abd. Wachid Ghozali bertema Alquran sebagai Dasar Pengaplikasian Sains dan Teknologi di Aula FTP lantai 2, Minggu (08/11/2015). “Dewasa ini manusia sudah mulai banyak yang meninggalkan Alquran dan berpaling pada teknologi. Padahal sebenarnya justru Alquran lah sumbernya. Banyak firman Allah di Alquran yang kemudian menjadi dasar perkembangan sains dan teknologi. Di dalam Al-Qur’an terdapat ratusan ayat-ayat yang menerangkan tentang ilmu alam dan penalaran.  Misalnya saja dalam surat Yunus ayat 101, quli unzhuruu maatsaa fii alssamaawaati waal-ardhi wamaa tughnii al-aayaatu waalnnudzuru ‘an qawmin laa yu/minuuna. Katakanlah: Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman. Dari ayat tersebut saja sudah jelas bahwa Allah memerintahkan umatNya untuk memperhatikan segala yang ada di langit dan bumi termasuk gejala alam. Dari surat Al Alaq ayat satu sampai lima juga bermakna perintah Allah pada umat manusia untuk membaca. Untuk belajar mengembangkan ilmu pengetahuan dengan dilandasi ketaqwaan padaNya, “ jelas Gus Wachid dihadapan sekitar 300 peserta Dialog Islami yang hadir. Selain ceramah agama bersama ketua MUI Malang, hari terakhir Tabligh Akbar ini juga diisi oleh penampilan grup Forkustik FORKITA membawakan nasyid islami. (dse)

forkita nasyid forkustik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian