Tak Hanya Cantik, Ditangan Mahasiswa FTP Bunga Telang Jadi Pewarna Makanan Terkini

MAHIR, Rumah Sang Maggot
Juni 3, 2016
Mahasiswa FTP Temukan Alat Penderes Nira Tanpa Memanjat
Juni 3, 2016

Tak Hanya Cantik, Ditangan Mahasiswa FTP Bunga Telang Jadi Pewarna Makanan Terkini

20160505_103432Bluerobia merupakan nama dari hasil produk enkapsulasi pewarna biru alami dari Bunga Telang yang berhasil ditemukan oleh tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Produk ini merupakan sebuah terobosan terbaru sebagai cara penstabil warna dari pewarna alami.

Ikhtiar Eka Prasetyani, Muhammad Fitri Aji Nugroho, dan Anindyah Febriyani Santoso melakukan penelitian mengenai teknik enkapsulasi pewarna biru alami bunga telang, dengan prinsip ikatan silang antara pewarna yang terenkapsulasi alginat dengan CaCl2 sebagai pengikat. Selama ini pewarna alami yang tersedia di pasaran ada dalam bentuk bubuk dimana dalam prosesnya diperlukan suhu tinggi untuk merubah ekstrak menjadi bubuk. Seperti yang telah diketahui bahwa penggunaan suhu tinggi dapat merusak komponen penting dari ekstrak bunga telang itu sendiri.

Selain itu, menurut mahasiswa peneliti yang dibimbing oleh Tunjung Mahatmanto, STP, M.Si, PhD., sekarang ini bahan tambahan berupa pewarna sangat diminati oleh konsumen dikarenakan dapat menambah daya tarik dari produk. Adanya pewarna biru alami dari bunga telang ini dapat menjadi sebuah alternatif yang dapat diterapkan pada semua produk pangan. Dengan teknik enkapsulasi yang telah dilakukan, pewarna yang dihasilkan memiliki kestabilan wana yang lebih terjaga serta tidak mempengaruhi cita rasa maupun aroma produk.

20160525_141737

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian