Tak Hanya Mahasiswa, Laboran dan Dosen FTP Unjuk Prestasi pada DIKTENDIK Berprestasi UB 2016

Pengumuman Jumlah Peserta Kelas Ganjil TA 2016/2017
September 5, 2016
Mahasiswa THP Raih Emas di International Young Inventors Award 2016
September 9, 2016

Tak Hanya Mahasiswa, Laboran dan Dosen FTP Unjuk Prestasi pada DIKTENDIK Berprestasi UB 2016

Tak hanya memiliki mahasiswa berkualitas yang sering meraih berbagai penghargaan di berbagai bidang, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) terbukti juga didukung oleh laboran dan dosen terbaik. Hal ini dibuktikan pada Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIKTENDIK) Berprestasi Tingkat Universitas 2016 yang dilaksanakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Brawijaya pada awal September lalu, FTP UB berhasil meraih penghargaan Ketua Program Studi (Ka. PS) Berprestasi I oleh Masud Effendi, STP.MP., Dosen Berprestasi I oleh Dr. Yusuf Hendrawan, STP.M.App.Life.Sc. Ph.D. dan Yuli Erna Widyasari, A.Md. selaku Laboran Berprestasi II.

masud_1Selaku Ketua Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian (TIP), Masud Effendi, STP. MP. berhasil menjadi yang terbaik menyisihkan para doktor kandidat Ka.PS berprestasi lainnya berkat kesuksesannya membawa PS S1 TIP ke level internasional melalui akreditasi Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA)  23 Agustus 2016 lalu. Kesuksesannya menggawangi TIP pada akreditasi AUN QA yang berpusat di Thailand ini sekaligus mengukuhkan FTP sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik karena merupakan satu satunya fakultas dengan 3 akreditasi internasional pada PS S1 di UB. Sebelumnya FTP telah terakreditasi internasional AUN QA untuk PS S1 Keteknikan Pertanian (TEP) dan akreditasi Institute of Food Technologists (IFT) dari Amerika Serikat untuk PS S1 Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP). Terpilih sebagai Ka.PS Berprestasi II UB adalah Mangku Purnomo, SP. M.Si. Ph.D. dari Fakultas Pertanian (FP). Sementara Ka.PS Berprestasi III UB diraih oleh Yusri Abdillah, S.Sos. M.Si. Ph.D. dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

YHDSementara itu, Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan yang juga merupakan wakil dekan termuda se-UB Dr. Yusuf Hendrawan, STP.M.App.Life.Sc. Ph.D. berhasil menjadi Dosen Berprestasi terbaik se UB berkat keunggulannya atas berbagai karya ilmiah yang sudah mendapat apresiasi di tingkat internasional. Beberapa penghargaan internasional tersebut diantaranya adalah Information and Electrical Technology Paper Award dari American Society of Agricultural and Biological Engineers (ASABE) yang diberikan pada Annual International Meeting di Louisville, Kentucky – Amerika Serikat dan Japan National Member Organization (NMO) of CIGR Outstanding Contribution Award & Honorable Mention Paper Award pada 3rd International Conference of Agricultural Engineering (CIGR-AgEng 2012) di Valencia – Spanyol . Tak hanya itu, Dr. Yusuf yang semasa berkuliah di Jepang  pernah menyabet First Prize, Japanese language speech contest dari Osaka Prefecture University pada 2008 ini ternyata juga peraih Best Citation Award – Universitas Brawijaya 2015. Berbagai raihan penghargaan dalam dan luar negeri atas penelitiannya serta keunggulan metode mengajar Dr. Yusuf membuat dosen muda yang sukses mengantarkan mahasiswa FTP mendominasi perolehan medali PIMNAS kontingen UB dua tahun berturut turut ini terpilih sebagai Dosen Berprestasi se-UB 2016 menyisihkan Dr. Eng. Herman Tole,ST. MT dari Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) di posisi kedua dan Dr. Sujarwoto, S.IP. M.Si. MPA. (FIA) di posisi ketiga.

yuli ernaSementara itu atas inovasi, kreativitas, dan keunggulannya atas pengelolaan laboratorium Bio Industri TIP, menjadikan Yuli Erna Widyasari, A. Md. terpilih sebagai Laboran Berprestasi II. Manajemen mutu dan sistem pengelolaan laboratorium yang modern dan akurat ala laboratrorium Bio Industri TIP berhasil membuat Yuli Erna menyisihkan Wahyuda Ngatinil Lady, S.Si dari Fakultas Kedokteran (FK) diposisi ketiga. Adapun posisi pertama sebagai laboran berprestasi terbaik se UB diraih oleh Rozika Hawa Ekayanti, SP. dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

Selain kategori diatas Pemilihan Diktendik Berprestasi 2016 ini juga memilih Tenaga Akademik Berprestasi yang diraih oleh Dwi Swandana Rahmadi Putra, A.Md dari FP, Pengelola Keuangan Berprestasi yang diraih oleh Khoirin Nisa dari Fakultas Peternakan (FAPET) serta Pustakawan Berprestasi yang diraih oleh Christinia Minarso, S.Sos dari Perpustakaan Pusat UB. Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UB Prof. Dr. Munawar, SE., DEA. menyatakan bahwa Para Diktendik UB 2016 yang terpilih akan diajukan oleh UB untuk mengikuti Diktendik Berprestasi Tingkat Nasional. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pemicu dan motivasi bagi seluruh civitas akademika dilingkungan UB untuk bekerja lebih baik demi kemajuan bersama. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian