Tasyakuran HUT RI Ke-69 dan Silaturahmi Keluarga Besar FTP

Penerimaan Mahasiswa Baru dan Beasiswa Program Magister (S2) FTP UB
Agustus 16, 2014
Pengumuman Jadwal Pembayaran UKT/SPP Semester Ganjil 2014/2015
Agustus 21, 2014

Tasyakuran HUT RI Ke-69 dan Silaturahmi Keluarga Besar FTP

FTP1
Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) mengadakan silaturahmi dan tasyakuran HUT Republik Indonesia ke-69 di Aula Gedung F FTP lantai 2, Senin (18/08/2014).

Tampak hadir seluruh keluarga besar FTP , berbagai elemen mahasiswa, serta dosen dan tenaga kependidikan yang telah purna tugas. Acara diawali lantunan ayat suci Al Quran oleh Abdullah Nasich Ulwan, mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian FTP, peraih juara I Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) se-UB 2013.  Acara dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana yang juga Pembantu Dekan II FTP Dr. Ir . Sudarminto Setyo Yuwono, M. App. Sc tentang esensi kegiatan sebagai sarana silaturahmi sekaligus halal bihalal, perpisahan civitas akademika FTP  purna tugas dan tasyakuran hari ulang tahun Republik Indonesia ke-69.

Sementara Dekan FTP, Dr. Ir. Bambang Susilo, M. Sc. Agr. dalam sambutannya menjelaskan tentang motivasi. “Silaturahmi yang berasal dari kata sila dan rahmi bermakna menyambung kasih sayang, salah satunya dengan berbagi kebahagiaan. Silaturahmi juga sebagai salah satu bentuk motivasi kami untuk seluruh civitas FTP, kebetulan kita baru saja meninggalkan bulan puasa yang penuh berkah. Biarpun bulannya sudah berganti, tetapi mari kita lanjutkan kebiasan kebiasan baik kita selama puasa kemarin. Misalnya saja dengan tetap menjaga pola makan dua kali sehari. Saat ini konsumsi beras sudah mencapai 36 juta ton per tahun dengan pola makan tiga kali sehari seperti umumnya masyarakat Indonesia. Tetapi jika kita mampu meneruskan pola makan dua kali sehari, ha itu akan menurunkan konsumsi beras secara signifikan menjadi sekitar 25 juta ton per tahun. ” jelas Dr. Bambang Susilo.

“Tidak hanya pola makan, hendaknya kita juga tetap menjaga pola pikir yang baik.  Sebab hati dan pikiran yang bersih akan melahirkan sikap dan perbuatan yang baik pula. Jangan lupa bahwa wajah kita adalah cerminan hati. Akan terdapat tanda tanda kebaikan pada orang orang yang selalu menjaga amalan ketaqwaan dan berpikiran bersih. Kemudian sebagai motivasi yang baik, tidak ada salahnya kita cermati  salah satu kearifan lokal yang tercermin dalam lagu daerah “Lir Ilir”. Jaman dahulu biasanya lagu ini dimainkan sebagai lagu dolanan ini sesungguhnya mempunyai makna yang mendalam. Lir-ilir, Lir-ilir (bangunlah, bangunlah), tandure wis sumilir (tanaman sudah mulai tumbuh dan bersemi), tak ijo royo-royo (demikian menghijau), tak sengguh temanten anyar (bagaikan pengantin baru). Jadi mari kita bangkit, bangun. Bangun dari keterpurukan, maupun kemalasan untuk lebih mempertebal keimanan dan kebaikan yang telah ditanamkan oleh Allah dalam diri kita yang dalam ini dilambangkan dengan tanaman yang mulai tumbuh bersemi menghijau. Mari bangkit, bangun dan berjuang untuk menumbuhkan tanaman keimanan dan kebaikan dengan bersemangat layaknya semangat para pengantin baru, ” pungkasnya kemudian.

Selain itu, acara yang dipandu oleh Ika Atsari Dewi , STP. MP. ini juga diisi dengan penyerahan tali asih dan penghargaan untuk civitas akademika FTP berprestasi. Tali asih diberikan pada dosen dan karyawan FTP yang telah purna tugas, yaitu Ir. Hendrik Kini, MT., dosen Keteknikan Pertanian (mulai bertugas di UB sejak 1980) dan Susilo Budiharto, laboran Laboratorium Sentral Ilmu Teknologi Pangan FTP (mulai bertugas sejak 1983). Sementara penghargaan berupa piagam dan uang tunai diberikan untuk peraih prestasi pada berbagai kategori. Kategori pertama adalah laboran berprestasi tingkat FTP yang diraih Ir. Supriyono (TEP), Rochmat Hidayat, A.Md (TIP) dan Agus Subekti, A.md (THP). Kategori berikutnya adalah tenaga kependidikan berpretasi tingakt FTP yang diraih oleh Ir. Sukim Prayitno dan Shirley Harry Saputra, SAB. Sementara peraih award pada kategori dosen berprestasi tingkat FTP adalah Dr. Ir. Tri Dewanti W.,M.Kes. (THP), Wahyunanto Agung Nugroho, STP. M.Eng. (TEP) dan Arie Febrianto Mulyadi, STP., MP (TIP). Selain itu diberikan pula tali asih untuk peraih gelar doktor 2014 yaitu Dr.Ir.Anang Lastriyanto, MS. (alumnus UB), Dr.Ir. Endah Rahayu Lestari , MS (UB), Dr. Erriana Martati, STP. MP (Wageningen University – Belanda), Dr.Siti Asmaul Mustaniroh, STP. MP (UB), Kiki Fibrianto, STP. M.Phil. Ph.D (Queensland University – Australia, Irnia Nurika, STP. MP. Ph.D (University of Warwick – Inggris), Erni Sofia Murtini, STP. MP. Ph.D (Oklahoma University – Amerika Serikat) dan Sri Suhartini, STP. M.Env.Eng. Ph.D (Southampton University – Inggris). Untuk mahasiswa, award diberikan kepada mahasiswa berprestasi dan pemenang kompetisi tingkat internasional. Kategori mahasiswa berprestasi FTP diraih oleh Asusti (THP), Agung Heru Yatmo (TEP), Hana Afifah (TIP) dan Dwi Pujiana (TIP). Sementara pemenang kompetisi tingkat internasional adalah Asusti, Muhammad Muizuddin, Dwi Pujiana dan Baiq A.Tartilah. Tali asih juga diberikan kepada Rosyid Ulil Albab sebagai perwakilan delegasi PIMNAS 2014 karena tim terbanyak yang mewakili UB  berasal dari FTP.  (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian