TEP Rancang Kurikulum KKNI

Monev KKN Mapres di Poncokusumo
Februari 7, 2014
Ide Kreatif, Mahasiswa THP Juarai ASEAN Entrepreneur Youth Leader
Februari 8, 2014

TEP Rancang Kurikulum KKNI

Jurusan Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (TEP) menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum di Hotel Seulawah Kotatif Batu pada Selasa-Rabu (04-05/02) lalu.

Dihadiri sekitar 45 orang civitas TEP yang terdiri dari dosen,asisten dosen,  staf penunjang akademik dan laboran seluruh TEP.  Ketua panitia Wahyunanto Agung Nugroho, STP. M.Eng dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan rangkaian dalam lokakarya internal TEP yang digelar pada Desember lalu.

“Penyempurnaan kurikulum harus terus dilakukan. Termasuk pemberdayaan mata kuliah inti keilmuan serta peningkatan softskill mahasiswa. Jika pada lokakarya Desember lalu kita hanya menyusun kerangkanya saja, maka kali ini kita membahas GBPP dan SAP dari kerangka kurikulum yang sudah tersusun sebelumnya” Jelasnya.

Ketua Jurusan TEP, Dr. Ir. J. Bambang Rahadi W., MS menyampaikan tujuan inti dari lokakarya ini adalah menyelaraskan Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) dengan renstra jurusan dan fakultas dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai Perpres No.  08 Tahun 2012.

“Terbitnya Perpres No. 08 Tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012 Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) tentu membawa pengaruh pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program studi. Jadi jika pada awalnya kurikulum mengacu pada pencapaian kompetensi kini beralih menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes),” demikian dijelaskan Bambang Rahadi yang juga pakar lingkungan ini.

Lokakarya ini juga mencakup pembahasan Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang memuat petunjuk rinci pertemuan demi pertemuan mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar, media dan evaluasi yang harus digunakan untuk masing masing mata kuliah.

Diharapkan dengan hadirnya seluruh civitas se-TEP akan menghasilkan rumusan optimal tentang penetapan Profil Lulusan, Merumuskan Learning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan LO Bahan Kajian, Pengemasan Matakuliah, Penyusunan Kerangka kurikulum, Penyusunan Rencana Perkuliahan. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian